Waktu Terbaik Minum Vitamin untuk Jaga Kesehatan Saraf

Monday, 05 December 2022

Selain melalui makanan, pemenuhan vitamin dan nutrisi yang baik untuk mendukung kinerja fungsi tubuh juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin tambahan. Salah satunya adalah vitamin neurotropik. Agar tepat guna, berikut ini waktu terbaik minum vitamin untuk jaga saraf yang bisa disimak.

 

Apa itu vitamin neurotropik?

Sebelum mengetahui kapan waktu terbaik untuk minum vitamin, sebaiknya pahami dulu ap aitu vitamin neurotropik. Melansir dari Hellosehat.com, vitamin neurotropik adalah kelompok vitamin yang terdiri dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B12 (kobalamin). Masing-masing vitamin memiliki fungsi tersendiri, tapi ketiganya sama-sama berperan sebagai vitamin untuk jaga saraf.

 

1. Vitamin B1 (tiamin)

Fungsi utama vitamin B1 adalah membantu sel mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Energi inilah yang berperan untuk mendukung aktivitas seluruh sel pada tubuh, terutama sel-sel otak dan sistem saraf.

 

Seseorang yang kekurangan vitamin B1 biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti kesemutan, rasa tertusuk atau terbakar di bagian lengan dan kaki, berkurangnya kemampuan refleks, dan tubuh menjadi lebih lesu.

 

Pemenuhan kebutuhan vitamin B1 ini bisa dilakukan dengan dengan cara mengonsumsi makanan seperti daging sapi, kacang-kacangan, beras, sayur-sayuran.

 

2. Vitamin B6 (piridoksin)

Berbeda dengan vitamin B1, vitamin B6 memiliki peran penting dalam produksi neurotransmiter. Neurotransmiter adalah senyawa kimia yang berfungsi membawa, mempercepat, dan menyeimbangkan pengiriman sinyal antara beberapa sel saraf atau dari sel saraf menuju jaringan tubuh.

 

Selain itu, vitamin B6 juga dibutuhkan dalam pembentukan myelin, yaitu selubung pelindung sel saraf yang dapat mempercepat pengiriman sinyal. Jika myelin rusak, penghantaran sinyal akan terhambat dan memicu kerusakan sel saraf.

 

Seseorang yang kekurangan vitamin B6 cenderung lebih sering mengalami sensasi kebas, kesemutan, dan gangguan keseimbangan.  Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen atau makanan kaya vitamin B6 seperti salmon, tuna, daging merah, kacang-kacangan, dan pisang.

 

3. Vitamin B12 (kobalamin)

Beberapa fungsi Vitamin B12 adalah untuk menjaga fungsi normal sistem saraf, membantu produksi sel darah merah, serta membentuk DNA. Orang dewasa di atas usia 14 tahun membutuhkan vitamin B12 setiap harinya untuk mendukung pembentukan energi dan asam lemak.

 

Kekurangan vitamin B12 menyebabkan seseorang lebih sering mengalami sensasi kebas dan kesemutan, terutama pada tangan dan kaki. Jika tidak segera diatasi, kekurangan vitamin B12 dapat bertambah parah dan memicu kerusakan permanen pada sel otak serta sistem saraf.

 

Kandungan vitamin B12 banyak terdapat di beberapa jenis makanan, seperti ikan, daging merah, daging ayam, telur, serta susu dan produk turunannya.

 

Kapan waktu terbaik minum vitamin untuk jaga kesehatan saraf?

Semua jenis vitamin B merupakan vitamin yang mudah larut dalam air atau darah. Maka, Anda bisa mengonsumsinya kapan saja dengan atau tanpa makanan pendamping. Namun, mengingat bahwa vitamin B memiliki peranan penting dalam mendukung metabolisme nutrisi dan produksi energi, sebaiknya Anda mengonsumsinya di pagi hari 30 menit sebelum makan atau dua jam setelah makan.

 

Selain melalui makanan, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin B sebagai vitamin neurotropik atau vitamin untuk jaga kesehatan saraf melalui suplemen tambahan, seperti hemaviton Neuro Forte. Sebab, hemaviton Neuro Forte mengandung  kombinasi vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 5000 mcg yang berperan mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati, seperti gejala kesemutan dan kebas berulangkali.

 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum 1 kaplet sehari sesudah makan secara rutin setiap harinya. Tak perlu khawatir, karena kelebihan kadar vitaminnya dapat diekskresikan melalui urine. Yuk segera lengkapi persediaan hemaviton Neuro Forte di rumah dengan cara membelinya di apotek & toko obat terdekat!

 

Baca Juga: Suka Main Bola? Minuman Segar Ini Bisa Bikin Aksi di Lapangan Makin Berenergi!