Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Tak Menentu

Tuesday, 25 July 2023

Saat menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu, tubuh kita cenderung akan lebih mudah terserang penyakit. Sebab, dalam kondisi ini kelembapan udara cenderung meningkat, sehingga bakteri serta virus berkembangbiak dengan lebih cepat. Nah, untuk melindungi tubuh kita agar tidak mudah terinfeksi bakter dan virus penyebab penyakit, lakukan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini.

1. Mengonsumsi vitamin C secara rutin

Mengonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari merupakan hal yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama saat cuaca tidak menentu. Sebab, saat pergantian cuaca yang tidak menentu inilah kelembapan udara cenderung meningkat dan memicu bakteri penyebab penyakit berkembangbiak dengan lebih pesat.

Tak hanya sebatas menjaga daya tahan tubuh saja, ini dia beberapa fungsi vitamin C untuk mendukung aktivitas kita setiap harinya adalah untuk meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan sirkulasi darah. Sebab, kandungan pada vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif dan mencegah disfungsi vaskular yang disebabkan oleh beban glukosa. Dengan begini, distribusi oksigen ke seluruh tubuh juga menjadi lebih lancar dan mampu mendukung organ tubuh untuk dapat berfungsi secara optimal.

2. Membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula

Melansir dari Alodokter.com, pada dasarnya konsumsi gula masih sangat aman, namun jika jumlahnya masih dalam batas wajar. Gula dibutuhkan sel-sel imun (sel darah putih) untuk dapat berproliferasu dan berfungsi dengan baik dalam menangkal bakteri, virus, parasite, dan jamur penyebab penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita.

Perhatikan juga untuk konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein, dan produk susu rendah lemak yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

3. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat cuaca tidak menentu, jaga daya tahan tubuh dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama saat cuaca panas atau dingin melalui konsumsi air mineral, makanan dan buah-buahan tinggi air. Dalam hal ini air membantu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal.

4. Mencukupi kebutuhan istirahat

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten setiap malamnya. Hindari kebiasaan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan maupun kegiatan lainnya.

Baca Juga: Trik Menjaga Tubuh Saat Beristirahat

5. Hindari perubahan suhu yang drastis

Jika cuaca sangat panas atau dingin, cobalah untuk menghindari perubahan suhu yang drastis dengan berpakaian sesuai. Lapisan pakaian yang sesuai dapat membantu menjaga suhu tubuh yang stabil.

6. Menjaga kebersihan tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air secara teratur, terutama sebelum makan atau setelah bersin atau batuk. Ini adalah cara efektif untuk mencegah penyebaran infeksi.

7. Rutin melakukan akttivitas fisik

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk menjaga rutinitas kebugaran tubuh bahkan saat cuaca tak menentu. Jika cuaca tidak memungkinkan untuk berolahraga di luar, pertimbangkan untuk berolahraga di dalam ruangan.

8. Hindari kerumunan orang

Terutama saat musim flu batuk dan polusi udara sedang dalam kondisi yang buruk untuk membantu mengurangi risiko tertular penyakit. Bila perlu, pertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, seperti vaksin flu atau vaksin lain yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli medis.

9. Mengelola stress

Sebab stress dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan bersama teman dan keluarga, kamu juga bisa mencoba teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau teknik pernapasan untuk mengelola stress.

10. Konsumsi vitamin dan suplemen

Terkadang, makanan yang kita konsumsi setiap harinya belum tentu dapat memenuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Untuk mengatasinya, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral melalui konsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton C 1000 TOTAL CARE setiap harinya.

hemaviton C1000 Total Care dengan Formula TOTAL CARE mengandung buffered vitamin C 1000 mg, vitamin D3 dan Zinc untuk bantu jaga daya tahan tubuh. Tersedia juga hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar dengan pemanis alami stevia yang lebih rendah gula dan rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang mengurangi asupan gula dalam tubuh.

Yuk, jaga daya tahan tubuh kamu dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE secara rutin dengan cara membelinya langsung di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, atau atau di Tempo Store Offical melalui marketplace favorit.

Artikel Lainnya: Mengenal Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita dan Cara Mendapatkannya