Mengenal Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita dan Cara Mendapatkannya

Wednesday, 19 July 2023

Memasuki usia 30an, perlu punya usaha lebih untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan awet muda. Tak cukup dengan menjaga pola makan dan olahraga, kita juga perlu memerhatikan kadar kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan sejenis protein yang terdiri dari asam amino yang menjadi komponen penting dalam jaringan kulit manusia dan memiliki peranan penting untuk mendukung agar tubuh tetap bisa berfungsi secara maksimal di usia matang. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen kolagen tambahan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan seiring dengan pertambahan usia.

  

Fungsi kolagen untuk kulit wanita

Tak hanya membuat tubuh selalu fit di usia matang, simak beberapa fungsi kolagen untuk kulit dan dan beberapa masalah kulit yang sering muncul pada wanita usia 30-an berikut ini.

1. Mengencangkan kulit

Kolagen merupakan komponen penting dalam jaringan kulit manusia, sehingga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kita semua. Selain mampu membantu menjaga kesehatan kulit, mengonsumsi kolagen secara rutin juga dapat membantu mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit.

2. Mengurangi keriput dan garis di kulit wajah

Masalah yang juga banyak dialami oleh wanita usia 30an adalah munculnya keriput dan garis-garis pada wajah. Hal ini bisa terjadi karena kulit kekurangan kolagen. Di sinilah peranan kolagen sangat penting dalam menghidupkan kembali sel-sel kulit yang telah mati, sehingga mampu membantu agar wajah tampak awet muda.

3. Menjaga kesehatan mata

Kolagen juga berfungsi melenturkan otot mata, apalagi jika pekerjaan sehari-hari mengharuskan kamu berada di depan layar monitor. Selain itu, mengonsumsi kolagen secara rutin juga mampu membantu mengoptimalkan penglihatan, mencegah mata kering, kelelahan, katarak, dan beberapa penyakit mata lainnya.  

4. Mengatasi masalah sendi

Aktivitas sehari-sehari yang cukup berat seringkali menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri pada persendian. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi kolagen yang akan memberikan fleksibilitas pada tendon dan juga sebagai pembentuk tulang rawan pada sendi. Tak hanya itu, kolagen juga berfungsi sebagai perekat agar tulang tersambung kuat pada sendi, sehingga mengonsumsi kolagen secara teratur bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

Cara meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Semakin bertambahnya usia, maka semakin menurun pula kemampuan tubuh kita untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Namun tak perlu khawatir, karena beberapa cara berikut ini bisa kita lakukan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, loh!

1. Penggunaan skincare secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kolagen yang spesifik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, maka kamu bisa melakukan perawatan dari luar secara teratur, salah satunya dengan mengaplikasikan skincare yang diklaim mengandung kolagen di dalamnya.

2. Rutin mengaplikasikan tabir surya

Jika sering beraktivitas di luar ruangan, kamu tidak boleh absen menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah untuk hasil yang optimal. Sebab paparan sinar matahari dapat mempercepat penuaan pada kulit sekalipun kamu sudah menggunakan skincare dengan kandungan kolagen.

Baca Juga: Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita yang Aktif Bekerja di Luar Ruangan

3. Mengonsumsi makanan kaya kandungan kolagen

Dengan banyak mengonsumsi makanan sumber kolagen, kamu tidak hanya mendapatkan manfaat kolagen yang bagus untuk kulit saja, tetapi juga untuk bagian-bagian tubuh lainnya yang sangat membutuhkan kolagen seperti tulang dan persendian. Sebenarnya ada banyak jenis makanan sumber kolagen yang bisa kamu konsumsi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ikan salmon dan tuna yang mengandung Omega 3 untuk membantu menjaga kadar kolagen dalam tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan kulit.
  • Bawang putih yang merupakan sumber sulfur sebagai salah satu unsur penting untuk mendukung produksi kolagen dalam tubuh.
  • Ubi dan wortel yang mengandung vitamin A. Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dalam wortel dan ubi terbukti mampu melancarkan aliran darah sampai permukaan kulit, sehingga kulit tampak cerah, lembap, elastis, dan tidak berminyak.
  • Telur yang merupakan sumber protein, Vitamin B, dan kolin yang akan diubah menjadi glisin dan menghasilkan kolagen.

4. Mengonsumsi suplemen tambahan

Multivitamin tambahan yang bisa kamu konsumsi adalah hemaviton C 1000+Collagen TOTAL CARE yang mengandung dua kebaikan untuk sehat dan cantikmu. Dengan Buffered Vitamin C 1000 mg untuk bantu jaga daya tahan tubuh dan Collagen 1000 mg yang untuk merawat kesehatan kulit. Terbuat dari fish Collagen dan pemanis alami daun Stevia, hemaviton C 1000+Collagen TOTAL CARE yang hadir dalam kemasan botol ready to drink menjadi salah satu multivitamin yang halal dan aman untuk dikonsumsi.

Yuk, pilih dan lengkapi persediaan hemaviton C 1000+Collagen TOTAL CARE untuk bantu jaga daya tahan tubuh dan merawat kulit cantik sehatmu dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Kualitas Udara yang Buruk