Terdekteksi Punya Kadar Kolesterol Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Thursday, 14 October 2021

Kadar kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja. Namun pada banyak kasus, orang yang memiliki kolesterol tinggi belum tentu mengalami gejala tertentu. Untuk mengetahuinya secara pasti, kamu perlu melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sample darah. lantas, apabila kita terdeteksi punya kadar kolesterol tinggi, apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Ubah pola makan

Jika hasil tes menunjukkan kolesterolmu tinggi, cek kembali gaya hidupmu selama ini, sebab kamulah yang paling mengetahui kebiasaan dirimu. Apakah makanan yang kamu konsumsi sehat? Jika masalahnya memang dari makanan berlemak dan tidak sehat, tekadkan untuk segera mengubah pola makanmu menjadi lebih sehat. Cari tahu menu aman untuk penderita kolesterol tinggi dan ubah menu harianmu jadi menu yang sehat. Pilih makanan sehat. Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh atau trans, gula, dan natrium (garam). Pilih makanan tinggi sehat, seperti buah-buahan dan sayuran segar, serta lemak tak jenuh seperti alpukat dan kacang-kacangan. 

Aktif berolahraga

Makan sudah sehat, tetapi kolesterol masih tinggi? Bisa jadi disebabkan tubuhmu kurang aktif bergerak. Kurangnya aktivitas olahraga dapat membuat lemak dalam tubuh semakin menumpuk dan akhirnya kolesterol mejadi tinggi. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Lakukan olahraga moderat setidaknya 30 menit sehari, seperti bersepeda atau jalan cepat setiap minggu.

Baca Juga: Bisakah Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga?

Berhenti merokok

Merokok merusak pembuluh darah dan sangat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika kamu tidak merokok, sebaiknya jangan memulai dan hentikan kebiasaan merokok apabila terlanjur kecanduan.

Rutin kontrol ke dokter

Orang dewasa yang sehat dianjurkan memeriksakan kadar kolesterolnya secara berkala. Namun jika kamu sudah pernah terdeteksi memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau kolesterol darah tinggi, ada baiknya memeriksakannya setahun sekali—atau lebih sering sesuai anjuran dokter. Jika kamu sudah mengubah pola hidupmu, perhatikan apakah ada perubahan kadar kolesterol yang kamu miliki? 

Baca Juga: Cara Mengecek Kolesterol

Jika perlu minumlah suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio saat makan, dengan kandungan bahan alami Phytosterol 500mg yang mampu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah sehingga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas normal. Serta mengandung multivitamin untuk bantu jaga kesegaran tubuh. Yuk, mulai hidup sehat dan bebas kolesterol mulai dari sekarang!