Bisakah Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga?

Friday, 18 September 2020

Katanya, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga. Namun sebenarnya bagaimana keterkaitan antara keduanya ya? Apa benar berolahraga dapat membuat kadar kolesterol lebih rendah? Yuk, pahami cara yang tepat untuk menurunkan koletserol dengan berolahraga.

Alasan olahraga berpengaruh pada kadar kolesterol

Melansir dari WebMD, olahraga dapat membantu menurunkan kolesterol adalah dengan membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan. Kelebihan berat badan ini yang cenderung meningkatkan jumlah low-density lipoprotein (LDL) dalam darah, yakni jenis lipoprotein yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Para peneliti sekarang percaya ada beberapa mekanisme yang menghubungkanantara olahraga dan kadar kolesterol antara lain:

  • Olahraga menstimulasi enzim yang membantu memindahkan LDL (kolesterol jahat) dari darah (dan dinding pembuluh darah) ke hati. Lalu, kolesterol diubah menjadi empedu (untuk pencernaan) atau diekskresikan. Jadi, semakin banyak kamu berolahraga, semakin banyak LDL yang dikeluarkan tubuh.
  • Olahraga juga meningkatkan ukuran partikel protein yang membawa kolesterol melalui darah. Kombinasi partikel protein dan kolesterol disebut "lipoprotein" itu adalah LDL yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung. Beberapa partikel itu kecil dan padat; beberapa besar dan lembut. Partikel kecil dan padat lebih berbahaya daripada yang besar dan halus karena partikel yang lebih kecil dapat masuk ke dalam lapisan jantung dan pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan. Nah, olahraga akan meningkatkan ukuran partikel protein ini agar tidak mudah masuk ke dalam jantung.

Jenis dan Intensitas Olahraga
Kemudian kamu juga harus tahu jenis-jenis olahraga yang dapat embantu menurunkan kadar kolesterol serta intensitas olahraga yang dibutuhkan. Dilansir dari Halodoc, sebagian besar organisasi kesehatan masyarakat merekomendasikan, minimal 30 menit per hari dan studi tahun 2002 yang dilakukan oleh para peneliti di Duke University Medical Center menemukan High Intensity Interval Training (HIIT) sebenarnya lebih baik daripada olahraga intensitas sedang untuk menurunkan kolesterol. 


Studi tersebut mengungkapkan, orang-orang yang tidak banyak bergerak dan tidak mengubah pola makan mereka, kemudian melakukan olahraga ringan (setara dengan 12 mil berjalan atau jogging per minggu) hanya sedikit menurunkan tingkat LDL mereka. Sementara, orang-orang yang melakukan olahraga lebih giat (setara dengan 20 mil jogging seminggu) semakin baik menurunkan kolesterol. 


Orang-orang yang berolahraga dengan giat juga meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) - jenis lipoprotein "baik" yang sebenarnya membantu membersihkan kolesterol dari darah. Jadi, menurunkan kolesterol dibutuhkan latihan intensitas tinggi dalam jumlah yang baik untuk mengubah HDL secara signifikan. Untuk tujuan menurunkan kadar kolesterol secara efektif, kamu bisa mencoba berbagai jenis olahraga dengan intensitas tinggi seperti bersepeda, lari sprint, zumba, pilates, aerobik, dan angkat beban.

Olahraga yang dibarengi dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan istirahat cukup, tentu akan menunjukkan hasil yang lebih optimal. Kamu juga bisa melengkapi usahamu menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio saat makan dan sesaat setelah makan, dengan kandungan bahan alami Phytosterol 500mg yang mampu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah sehingga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas normal. Serta mengandung multivitamin untuk bantu jaga kesegaran tubuh.


Yuk, mulai hidup sehat dan bebas kolesterol mulai dari sekarang!