Penyebab Kolesterol Pada Wanita, Kamu Sudah Tahu?

Tuesday, 22 March 2022

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati dan menjadi komponen penting agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Namun, tentunya jika kolesterol berada dalam kadar yang normal. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, maka bisa menyebabkan munculnya penyumbatan hingga masalah kardiovaskular lainnya. Meski bisa menyerang siapa saja, namun seringkali kaum wanita mengalami kolesterol tinggi tanpa disadari, lho. Apa penyebabnya, ya?

Penyebab Kolesterol pada Wanita

Penyebab kolesterol yang jarang disadari oleh kaum wanita ini biasanya berasal dari gaya hidup pola makan yang tidak sehat, terutama makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan cepat saji, dan makanan kemasan yang berlebihan. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga meningkatkan risiko terserang kolesterol tinggi pada wanita.

  • Faktor Genetik

Seperti halnya penyakit diabetes, kolesterol dalam tubuh juga bisa disebabkan faktor turunan atau yang disebut hiperkolesterolemia familial, dimana seseorang mewarisi kolesterol tinggi dari orang tuanya. Seseorang yang mewarisi kolesterol tinggi ini biasanya tidak menyadari bahwa mereka tidak memilikinya karena tidak ada gejala yang terlihat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol sejak dini untuk menghindari terjadinya komplikasi jantung.

  • Obesitas

Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh obesitas, atau kelebihan kalori dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jenuh (LDL) dan trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan dalam tubuh, jangan sampai kelebihan berat badan mengancam kesehatan Anda sendiri.

Baca Juga: Penyebab Kolesterol Tinggi, Tidak Selalu dari Makanan!

  • Stres

Saat seseorang dalam keadaan tertekan, maka tubuh akan melepaskan dua hormon sekaligus, yaitu adrenalin dan kortisol. Kondisi seperti inilah yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol. Jika rasa tertekan atau stres ini muncul karena pekerjaan yang tak kunjung selesai, ada baiknya luangkan waktu sejenak untuk beristirahat atau melakukan hobi, sehingga pikiran Anda bisa segar kembali.

Dilansir dari Alodokter.com, umumnya wanita memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi dibanding pria karena hormon estrogen memiliki peran besar dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL. Namun tentu akan berbeda saat wanita mengalami menopause, di mana kadar kolesterol baik akan mengalami penurunan, sedangkan kolesterol jahatnya mengalami kenaikan. Inilah alasan mengapa wanita cenderung memiliki risiko lebih tinggi mengalami kolesterol tinggi.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tanpa Disadari Kamu Lakukan Berulangkali

Gejala Kolesterol pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Saat mengalami kolesterol, beberapa gejala yang mungkin muncul antara lain nyeri dada, kesulitan berjalan, rasa kebas, dan kesemutan pada tangan atau kaki. Meski begitu, beberapa gejala ini seringkali tidak disadari oleh sebagian besar wanita dan hanya dianggap sebagai keluhan biasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga pola makan dan juga memahami kondisi tubuh dengan lebih baik lagi.

Selain menjauhi penyebab kolesterol dalam kehidupan sehari-hari (biasanya berasal dari makanan), dukung juga pola hidup sehat Anda dengan mengonsumsi hemaviton Cardio tiga kali sehari saat makan. Kandungan bahan alami Phytosterol 500 mg di dalamnya bermanfaat untuk memblok kolesterol yang masuk ke dalam darah melalui makanan.

Tak hanya itu saja, hemaviton Cardio juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral seperti Vitamin C, Vitamin E, Zinc yang kaya antioksidan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, lengkapi persediaan hemaviton Cardio di rumah dengan cara membelinya di Apotik & Toko Obat terdekat sekarang juga! Atau dapatkan di Tempo Store Official  melalui marketplace kesayangan kamu.