Mitos atau Fakta: Minuman Less Sugar Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh?

Tuesday, 10 January 2023

Meski memiliki rasa yang lezat dan dikenal dapat meningkatkan suasana hati, namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula secara berlebihan justru bisa mengganggu daya tahan tubuh kita, loh. Hal inilah yang bisa membuat kita pada akhirnya lebih mudah lelah dan rentan mengalami penyakit seperti flu.

Konsumsi gula berlebih buat daya tahan tubuh melemah?

Melansir dari Alodokter.com, pada dasarnya tubuh kita membutuhkan gula agar sel-sel imun (sel darah putih) dapat berproliferasi dan berfungsi dengan baik. Sel-sel imun ini penting peranannya dalam menangkal mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, parasit, jamur dan penyebab penyakit, serta substansi asing lain agar tidak masuk dan merusak tubuh.

Akan tetapi, kondisi ini hanya bisa terjadi jika kadar gula dalam darah berada dalam jumlah yang wajar. Sebaliknya, kadar gula yang terlalu tinggi justru bisa membuat kerja sel imun dalam tubuh mengalami penurunan. Selain itu, banyak juga mikroorganisme patogen yang menggunakan gula sebagai sumber makanan utamanya. Sehingga bisa membuat imunitas melemah dan mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang infeksi serta beragam penyakit lainnya.

Mitos atau fakta: minuman less sugar bisa bantu jaga daya tahan tubuh?

Jawabannya adalah fakta. Melansir dari Kumparan.com, sebuah penelitian berjudul Role of Sugars in Human Neutrophilic Phagocytosis mengungkapkan bahwa mengonsumsi 75-100 gram gula setiap harinya sudah bisa mengganggu fungsi imun tubuh. Sayangnya, kita seringkali tak sadar bahwa gula yang dikonsumsi sudah melebihi batas wajar. Sebab kadar gula tinggi kerap tersembunyi dalam satu beberapa jenis minuman manis.

Bila kadar gula dalam darah sudah melebihi batas wajar, berikut ini beberapa gejala yang mungkin kita alami seperti yang dilansir dari WebMD.com.

  1. Lebih cepat merasa haus
  2. Sering mengalami sakit kepala
  3. Kesulitan berkonsentrasi
  4. Penglihatan kabur
  5. Sering buang air kecil
  6. Badan mudah terasa lelah dan lemah
  7. Penurunan berat badan
  8. Gula darah lebih dari 180 mg/dL

Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup sehat serta memperbaiki pola makan dan membatasi konsumsi gula merupakan solusi yang paling tepat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Tenang saja, kamu masih bisa kok mengonsumsi minuman favorit tanpa memicu gangguan kesehatan. Caranya adalah dengan memilih makanan atau minuman dengan kandungan gula yang lebih sedikit atau menggantinya dengan pemanis alami yang lebih aman seperti Stevia atau madu.

Minuman less sugar yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh

Selain mengonsumsi minuman segar yang terbuat dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jus jeruk, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang tersedia dalam kemasan ready to drink kaleng dan botol.

hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar menggunakan pemanis alami stevia dengan kandungan gula yang lebih rendah. Dilengkapi dengan formula TOTAL CARE kombinasi Buffered Vitamin C 1000mg  bersifat lebih tidak asam, Vitamin D3 untuk bantu mengaktifkan fungsi sel imun yang berperan penting menjaga imunitas dan Zinc untuk membantu pembentukan antibodi dalam tubuh . Jadi kamu bisa tetap menjaga daya tahan tubuh sambil menjaga konsumsi gula harian.

Tertarik untuk mencoba hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar? Tak perlu bingung, karena kamu bisa membeli produknya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Official melalui marketplace kesayangan sekarang juga, loh!

Artikel Lainnya: Kenali Akibat Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C