Kenali Akibat Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Wednesday, 04 January 2023

Dalam kehidupan sehari-hari, vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhannya dengan baik agar dapat merasakan beberapa manfaat berikut ini.

  1. Meningkatkan konsentrasi dan menyegarkan pikiran 
  2. Meningkatkan kualitas tidur
  3. Melancarkan peredaran darah
  4. Membantu sistem metabolisme lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan rutinitas tubuh. 
  5. Memperkuat sel-sel imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Lantas, bagaimana jadinya jika tubuh kekurangan vitamin C?

Hal yang dialami oleh tubuh saat kekurangan vitamin C

Meski gejalanya tidak akan terlihat dalam waktu yang cepat, seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C di dalam tubuhnya akan mengalami beberapa gejala berikut ini dalam beberapa bulan.

1. Badan mudah lelah dan menurunkan mood

Dua tanda awal kekurangan vitamin C adalah kelelahan dan suasana hati yang buruk. Meskipun kelelahan dan lekas marah mungkin merupakan beberapa gejala pertama yang muncul, gejala-gejala ini biasanya sembuh jika kita menerapkan pola hidup sehat dan memenuhi kebutuhan vitamin C dengan baik.

2. Kulit menjadi kasar dan bertekstur

Pada dasarnya, vitamin C memainkan peran kunci dalam produksi kolagen, yaitu jenis protein di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, tulang, dan pembuluh darah. Saat seseorang mengalami kekurangan vitamin C, kondisi kulit yang dikenal sebagai keratosis pilaris dapat berkembang akibat penumpukan protein keratin di dalam pori-pori. Kondisi ini biasanya akan muncul setelah tiga sampai lima bulan tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.

3. Proses penyembuhan luka berjalan lebih lama

Kekurangan vitamin C menghambat produksi kolagen, sehingga menyebabkan luka sembuh lebih lambat. Pada kasus kekurangan vitamin C yang parah, luka lama bahkan dapat terbuka kembali, meningkatkan risiko infeksi.

4. Sendi mudah terasa nyeri dan mengalami pembengkakan

Kekurangan vitamin C juga seringkali memicu nyeri sendi yang parah hingga menyebabkan pendarahan di dalam sendi serta pembengkakan yang menyakitkan.

5. Tulang yang lemah

Kekurangan vitamin C juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang, salah satunya adalah penyakit osteoporosis atau tulang keropos yang banyak dialami oleh orang lanjut usia.

6. Menurunkan daya tahan tubuh

Kekurangan vitamin C juga menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami infeksi dan terserang penyakit. Hal ini karena menurunnya sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh

Pemenuhan kebutuhan vitamin C dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang merupakan sumber vitamin C seperti berikut ini.

1. Semangka

Kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi, yaitu mencapai 20% dari kebutuhan harian vitamin C. Selain itu buah semangka juga mengandung air hingga 92%.

2. Air kelapa muda

Melansir dari Klikdokter.com, segelas air kelapa muda tak hanya mengandung 3 gram serat, 46 kalori, serta kandungan elektrolit tinggi, tetapi juga zat besi dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

3. Jeruk lemon

Melansir dari Kompas.com, satu buah lemon mengandung 83 mg vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. di dalamnya. Hal ini menandakan bahwa lemon dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebanyak 92 persen.

4. Stroberi

Dalam satu cangkir potongan stroberi (152 gram) menyediakan 89 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 99 persen. Tak hanya vitamin C, stroberi juga mengandung nutrisi lain seperti mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan.

Selain beberapa sumber makanan di atas, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan cara minum suplemen tambahan seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE. Kandungan Buffered vitamin C 1000mg di dalamnya berfungsi menjaga daya tahan dari serangan berbagai virus dan kuman yang menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit.  Buffered vitamin C bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung.

Selain vitamin C, Formula TOTAL CARE juga mengandung Vitamin D3 dan Zinc, sehingga bekerja secara sinergis dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (kulit), hingga ke tingkat sel.

Sedang mengurangi konsumsi gula? Tenang, karena saat ini juga sudah tersedia pilihan varian hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang lebih rendah gula dan rendah kalori, loh! Dapatkan produknya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Official melalui marketplace kesayangan sekarang.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Wanita Lebih Sering Mengalami Keluhan Sakit Sendi