Mengenal Carpal Tunnel Syndrome, Yuk Cegah dengan Vitamin Neurotropik

Monday, 28 June 2021

Pernah mendengar istilah Carpal Tunnel Syndrome? Mungkin saja kamu belum familiar dengan gangguan saraf satu ini. Namun bukan berarti kamu belum pernah mengalami gejalanya! Misalnya saja, kamu mungkin pernah mengalami nyeri, kebas, dan kesemutan di sekitar pergelangan tangan hingga sekitar jari-jari tangan? Nah, bisa jadi itu adalah gejala carpal tunner syndrome yang tidak kamu sadari.

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome?

Carpal tunnel syndrome (sindrom lorong karpal) adalah adalah sebuah kondisi mati rasa, kesemutan, kelemahan, dan masalah lain di tanganmu karena tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Saraf median dan beberapa tendon terhubung dari lengan bawah ke tanganmu melalui ruang kecil di pergelangan tangan yang disebut carpal tunnel. Saraf median tersebut mengendalikan gerakan dan perasaan di empat jari kamu kecual jarii kelingking.

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Sindrom ini disebabkan oleh tekanan yang terjadi terus menerus pada saraf median. Tekanan ini berasal dari pembengkakan atau apapun yang membuat ukuran carpal tunnel menjadi lebih kecil dari seharusnya. Banyak hal yang bisa menyebabkan pembengkakan ini, diantaranya penyakit hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes. Tidak hanya disebabkan karena penyakit, kebiasaan sehari-hari ternyata juga bisa memicu sindrom ini. Misalnya jika kamu sering membuat gerakan tangan atau pergelangan yang sama berulang kali, maka kamu lebih berpotensi mengalami sindrom ini. Wanita yang sedang hamil pun kerap mengalami masalah kesehatan satu ini.

Cara Mengatasi Carpal Tunnel Syndrome

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila kamu mengalami gejala sindrom carpal tunnel? Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi sindrom carpal tunnel adalah menghentikan aktivitas atau kebiasaan yang memicu munculnya sindrom tersebut. Kemudian kompres pergelangan tanganmu dengan es selama 15 menit setiap beberapa jam. Olahraga secara teratur juga bisa membuat tubuh lebih lentur sehingga tidak mudah mengalami sindrom ini. Namun hindari gerakan olahraga yang memberatkan atau bertumpu pada pergelangan tangan seperti lempar-tangkap bola, mengangkat beban, dan handstand.

Carpal Tunnel Syndrome Bisa Dicegah!

Jika kamu merasa mulai mengalami gejala Carpal Tunnel Syndrome, jangan panik dulu. Jika diatasi pada tahap awal, tentu gangguan satu ini masih bisa dicegah. Cobalah untuk mengurangi frekuensi gejala sindrom carpal tunnel dengan aktivitas yang bisa melenturkan saraf otot di bagian pergelangan, telapak, dan jari-jari tangan seperti meremas stress ball.

 Selain itu, kamu juga bisa menjaga Kesehatan saraf dengan mengonsumsi vitamin neurotropik seperti hemaviton Neuro Forte. Suplemen kesehatan untuk mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati dengan gejala kesemutan dan kebas akibat kekurangan vitamin neurotropik. Kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk mengobati kekurangan vitamin neutropik. Minum 1 kaplet sehari sesudah makan agar terhindar dari kesemutan dan kebas yang mengganggu. Dengan menjaga Kesehatan sara sedini mungkin, gejala Carpal Tunnel Syndrome bisa diminimalisir secara optimal.