Manajemen Stres dan Pengaruhnya terhadap Daya Tahan Tubuh Wanita di Usia Kepala Tiga

Wednesday, 17 May 2023

Sadarkah kamu bahwa stress merupakan salah satu faktor terbesar menurunnya daya tahan tubuh kita, loh. Pada umumnya, stress adalah respons fisik, mental, dan emosional secara otomatis terhadap peristiwa yang menantang. Ini adalah bagian normal dari kehidupan setiap orang dan jika digunakan secara positif, stress dapat mendorong pertumbuhan, tindakan, dan perubahan dalam hidup. Namun jika sebaliknya, stres yang negatif dan berkepanjangan justru dapat menurunkan kualitas hidup kita.

                             

Melansir dari laman situs resmi University of Maryland Medical System, stres dan sistem kekebalan tubuh kita memiliki hubungan yang kompleks. Sistem kekebalan tubuh mengetahui saat seseorang mengalami stres baik karena pekerjaan, keluarga, keuangan, atau hal lainnya.

Stres dan fungsi sistem kekebalan tubuh

Menurut American Psychological Association, stres dapat mengurangi jumlah sel pembunuh alami atau limfosit dalam tubuh yang dibutuhkan untuk melawan virus. Selain itu, stres juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan respons inflamasi. Pada umumnya, respon inflamasi ini dapat bermanfaat untuk melawan kuman. Namun, jika peradangan berlangsung terus-menerus justru dapat menyebabkan penyakit kronis, termasuk penumpukan plak pada dinding arteri. Kondisi inilah yang dapat membahayakan jantung kita.

Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu dan mengidentifikasi sumber stress yang dialami agar dapat mengetahui bagaimana cara untuk menghindari atau mengatasinya. Salah satunya adalah manajemen stress yang nantinya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kita.

Dampak menurunnya daya tahan tubuh akibat stress

Leonard Calabrese, DO, seorang ahli imunologi klinis dari Cleveland Clinic menjelaskan bahwa saat seseorang mengalami stress maka akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah yang lebih besar. Terlalu banyak kortisol dalam darah dapat memicu peradangan yang lebih besar lagi.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh kita tidak dapat melindungi tubuh dengan baik dan dapat memicu berbagai penyakit seperti:

  1. Artritis.
  2. Fibromyalgia.
  3. Lupus.
  4. Psoriasis.
  5. Penyakit radang usus.
  6. Penyakit jantung.
  7. Tukak lambung.
  8. Diabetes tipe 2.
  9. Kanker.

Manajemen stress untuk menjaga daya tahan tubuh wanita

Melansir dari Mayo Clinic, manajemen stres adalah berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi stres dan kesulitan dalam hidup dengan lebih baik, sehingga kita dapat menjalani hidup yang lebih seimbang dan sehat. Beberapa pendekatan manajemen stres diantaranya adalah:

  1. Mempelajari keterampilan seperti memecahkan masalah, memprioritaskan tugas, dan manajemen waktu.
  2. Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi kesulitan. Contohnya adalah mempelajari cara meningkatkan kesadaran dan reaksi emosional, meningkatkan kendali rasa, menemukan makna dan tujuan yang lebih besar dalam hidup, serta menumbuhkan rasa syukur dan optimisme.
  3. Berlatih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, yoga, meditasi, tai chi, olahraga, dan doa.
  4. Meningkatkan hubungan pribadi dan dalam kehidupan sosial.

Selain dengan memahami dan menghindari penyebab stress, berikut ini beberapa cara mengatasi stress menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bisa kamu lakukan.

  1. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya. Sistem dukungan sosial dapat membantu kita untuk mengatasi masalah kehidupan yang sedang terjadi. Oleh karena itu, coba luangkan waktu untuk melakukan video chat dengan teman, menghadiri pertemuan online, atau menelepon anggota keluarga.
  2. Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
  3. Mengembangkan hobi yang bermanfaat.
  4. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan.
  5. Berpikir positif.
  6. Tenangkan pikiran dengan relaksasi, misalnya melalui olahraga yoga dan meditasi.
  7. Menjaga kesehatan dengan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan makanan bergizi seimbang, serta terapkan perilaku bersih dan sehat.

Agar daya tahan tubuh semakin terjaga, kamu juga bisa mengimbangi manajemen stress dan gaya hidup sehat, atau bila perlu bisa kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton C 1000 TOTAL CARE setiap harinya.

hemaviton C1000 Total Care dalam Total Care formulanya, selain mengandung Buffered Vitamin C 1000 mg, hemaviton C1000 TOTAL CARE juga diperkaya dengan vitamin D3 dan Zinc yang bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Jika kebetulan kamu sedang menjalani pola hidup sehat dan mengurangi konsumsi gula, saat ini juga tersedia hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar dengan pemanis Stevia yang lebih rendah gula dan kalori.

Yuk, mulai hidup sehat dan batu jaga daya tahan tubuh dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE sekali sehari. Dapatkan varian lengkapnya di Alfamart, Alfamidi, Indomaret serta E-Commerce kesayangan kamu ya!

Artikel Lainnya: 6 Aktivitas Outdoor Menyenangkan untuk Meningkatkan Daya Tahan dan Kesegaran Tubuh