6 Aktivitas Outdoor Menyenangkan untuk Meningkatkan Daya Tahan dan Kesegaran Tubuh

Thursday, 11 May 2023

Setelah hampir satu minggu berkutat dengan pekerjaan di kantor yang cukup padat dan memusingkan, memanfaatkan waktu luang di akhir pekan dengan melakukan berbagai hal seru bisa menjadi solusi tepat untuk recharge stamina sekaligus meningkatkan daya tahan serta kesegaran tubuh. Alih-alih hanya tiduran di rumah, pergi ke mall, atau nongkrong di coffee shop, berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas outdoor yang bisa kamu coba agar akhir pekanmu tak terasa monoton!

1. Camping

Salah satu manfaat yang paling nyata dari berkemah adalah memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu di alam terbuka. Hal ini jugalah yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, pencernaan yang lebih baik, dan mengurangi peradangan. Selain itu, pergi ke alam terbuka telah terbukti mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Jika kamu seringkali merasa stres dan kewalahan akibat rutinitas sehari-hari, menghabiskan waktu di alam terbuka dengan berkemah dapat membantu kamu merasa lebih rileks, mengurangi stress, dan tubuh kembali segar.

2. Hiking ke bukit atau gunung

Selain dapat menikmati pemandangan alam yang menyegarkan mata dan otak, melakukan pendakian baik ke bukit maupun gunung juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Sebab kegiatan ini menuntut kita untuk berjalan dalam waktu yang cukup lama dan medan yang menantang.

Melansir dari Harvard Health Publishing, dengan berjalan kaki dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari, setidaknya 5 hari dalam seminggu, mengalami 43% lebih sedikit hari sakit dibandingkan mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang dari itu.

Baca Juga: Panduan Hiking untuk Pemula

3. Berenang di laut

Tertarik dengan kegiatan menyelam? Atau bahkan sudah memiliki diving license? Well, inilah saat yang tepat bagi kamu untuk memanfaatkannya. Melansir dari situs PADI, kegiatan menyelam dapat memberikan banyak manfaat kesehatan seperti halnya olahraga lainnya. Sebab saat menyelam kita belajar cara mengubah pola pernapasan dan mengoptimalkan konsumsi udara. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita nikmati antara lain:

  • Meningkatkan stamina tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Meningkatkan kesehatan paru-paru.

4. Caving

Menjelajahi dunia ‘bawah tanah’ melalui terowongan, goa, atau lorong-lorong, baik alami atau buatan manusia memungkinkan kita untuk merasakan ketenangan. Aktivitas ini dapat membantu kita untuk membebaskan pikiran dan mempelajari berbagai pengalaman baru dalam hidup. Saat mood kembali meningkat, maka hal ini tentunya akan sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bisa kembali melakukan rutinitas harian dengan lebih bersemangat.

5. Bersepeda keliling pantai

Jika kamu termasuk ‘anak pantai’, maka bersantai sejenak dengan bersepeda keliling pantai bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mood setelah melalui hari-hari yang cukup berat. Tak hanya membuat badan kembali segar, suara deburan ombak yang kamu nikmati juga dapat membuat tubuh terasa rileks dan pikiran kembali segar, loh.

6. Trekking di pulau

Tinggal di tempat yang memiliki akses mudah untuk mengunjungi berbagai macam pulau tentu rasanya sangat menyenangkan. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk ‘kabur’ sejenak dari kesibukan di kantor maupun rumah tanpa harus memakan waktu tempuh yang panjang. Agar lebih menyenangkan, coba ajak teman kamu untuk ikut serta, ya!

Tak cukup hanya dengan melakukan aktivitas di luar ruangan yang menyenangkan, menerapkan pola hidup sehat juga merupakan kunci penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Hal ini bisa dimulai dari mengonsumsi makanan bernutrisi dan juga suplemen tambahan seperti hemaviton Action Total Care ImunUP 1 kapsul tiap hari. Suplemen kesehatan ini dilengkapi dengan 3 Action Benefit untuk bantu memelihara daya tahan tubuh, stamina, dan kesegaran. 

Selain itu, hemaviton Action Total Care ImunUP juga mengandung formula Total Care ImunUP yang dilengkapi Buffered Vitamin C 500mg, Vitamin D3, dan Zinc yang efektif membantu menjaga daya tahan tubuh, serta Ginseng Extract, Guaranine, dan Vitamin B Complex yang dapat membantu menambah tenaga serta meningkatkan kesegaran tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Tak perlu khawatir, karena kandungan Buffered Vitamin C di dalamnya bersifat lebih tidak asam, sehingga lebih nyaman di lambung.

Nah, dari beberapa rekomendasi aktivitas outdoor untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Artikel Lainnya: Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita sebagai Nutrisi Anti-Aging