Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita sebagai Nutrisi Anti-Aging

Friday, 05 May 2023

Sebagai seorang wanita, tentunya kita selalu berusaha agar terlihat awet muda. Cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk skincare dan juga mengonsumsi makanan serta suplemen yang mengandung kolagen di dalamnya. Hal ini disebabkan karena kolagen memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan elastisitas kulit tubuh agar seseorang terlihat awet muda.

 

Mengenal apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein yang menyusun tubuh manusia, yaitu sebagai pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Meski tubuh bisa menghasilkan kolagen sendiri, namun seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin menurun (biasanya terjadi saat berusia 25 tahun).

Di dalam jaringan kulit, 70% bagiannya berupa kolagen. Inilah yang membuat kulit terasa lembut dan kenyal. Pada dasarnya, tubuh kita dapat memproduksi kolagen sendiri. Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia maka kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan menurun. Agar kadar kolagen dalam tubuh tetap terjaga, mengonsumsi vitamin C bisa menjadi solusinya. Sebab vitamin C inilah yang mampu membantu tubuh untuk memproduksi dan mengoptimalkan kinerja kolagen dengan baik.

 

Kolagen sebagai nutrisi anti-aging

Bagi wanita, kolagen memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulitnya agar tampak awet muda, sehingga seringkali disebut sebagai ‘ramuan’ anti-aging. Beberapa manfaat kolagen untuk kulit antara lain:

 

1. Menghaluskan dan mengurangi kerutan

Sebab kolagen adalah komponen penting pada lapisan dermis yang dapat mencukupi kebutuhan protein agar kulit tetap halus. Selain itu, kolagen juga memiliki efek anti-aging yang mampu mengencangkan kulit, sehingga dapat menyamarkan kerutan di wajah, teurtama di bagian mata, dekat bibir, dan dahi.

 

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar kolagen dalam tubuh mengalami penurunan dan membuat kulit menjadi kendur. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kolagen dipercaya dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Sebab kandungan peptida kolagen dapat mencegah kekenduran dan peregangan secara permanen.

 

3. Menghidrasi kulit agar tetap lembap

Kolagen juga dapat meningkatkan hidrasi pada kulit sehingga dapat membuatnya lembut dan tetap lembap. Mengonsumsi banyak air dan kolagen dapat membantu kulit menjaga kelembapannya.

 

Baca Juga: Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita di Usia 30an

 

Makanan yang mengandung kolagen

Bukan hal yang sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh, karena kamu bisa memulainya dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan beberapa rekomendasi makanan berikut ini.

 

1. Ikan salmon dan tuna

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi adalah ikan yang mengandung Omega 3 seperti salmon dan tuna. Omega 3 inilah yang nantinya membantu kolagen dalam tubuh tetap terjaga dan terbebas dari serangan radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

 

2. Bawang putih

Memiliki rasa dan aroma yang cukup menyengat membuat banyak orang kurang menyukai bawang putih. Namun tahukah bahwa bahan makanan yang satu ini justru sangat baik untuk tubuh, karena bawang putih merupakan sumber sulfur yang merupakan salah satu unsur penting produksi collagen.

 

3. Ubi dan wortel

Tak hanya sulfur, komponen lain yang juga berperan penting dalam proses produksi kolagen dalam tubuh adalah vitamin A yang bisa Anda temukan dalam sayuran seperti wortel dan ubi. Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dalam wortel dan ubi terbukti mampu melancarkan aliran darah sampai permukaan kulit, sehingga kulit tampak cerah, lembap, elastis, dan tidak berminyak. Tak hanya mengenyangkan, kulit pun bisa menjadi lebih cerah.

 

4. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi karena kandungan Vitamin B dan kolin yang akan diubah menjadi glisin dan menghasilkan collagen.

 

Tak hanya terdapat pada makanan alami, saat ini Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan sebagai sumber collagen seperti hemaviton C1000+Collagen TOTAL CARE.

hemaviton C1000+Collagen TOTAL CARE dengan Total Care Formula mengandung kombinasi Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc untuk membantu menjaga daya tahan tubuh serta Collagen yang berasal dari fish collagen untuk membantu menjaga kesehatan kulit cantikmu. Tersedia dalam kemasan Ready to Drink dengan varian rasa orange menyegarkan yang dapat kamu temui di Alfamart, Alfamidi, Indomaret atau di E-commerce kesayangan kamu ya!

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bernutrisi terutama yang kaya akan kolagen, hindari merokok, dan tak lupa untuk selalu menggunakan sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan, ya!

 

Artikel Lainnya: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum hemaviton Stamina Plus?