Badan Lemas dan Sering Mengalami Nyeri Sendi, Begini Cara Mengatasinya

Tuesday, 31 December 2019

Badan lemas dan nyeri sendi terutama pada bagian bahu, punggung, lengan, lutut, dan kaki merupakan keluhan yang banyak dialami oleh mereka dengan aktivitas yang padat setiap harinya. Rasa tidak nyaman ini biasanya terjadi karena olahraga yang berlebihan, cidera, duduk terlalu lama, atau adanya gangguan pada persendian seperti tendon, tulang, dan otot. Namun jangan khawatir, jika keluhan ini mulai terjadi segera atasi dengan beberapa caranya berikut ini.

Cara Mengatasai Nyeri Sendi

Hindari Begadang

Kebiasaan begadang atau tidur larut malam seringkali menjadi penyebab utama mengapa seseorang merasa lemas saat beraktivitas di pagi hari. Pasalnya, orang tersebut tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk ukuran orang dewasa, lama waktu istirahat yang disarankan adalah sekitar 6-8 jam setiap malamnya agar badan terasa segar di pagi hari. Selain menghindari begadang, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari dengan makanan yang tinggi protein seperti telur, susu, atau roti.

Luangkan Waktu untuk Rileksasi

Jika pekerjaan mengharuskan kita untuk duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama, cobalah luangkan waktu setiap 30 menit sekali untuk melakukan gerakan peregangan, berjalan kecil, atau menghirup udara luar untuk melemaskan otot tubuh dan menyegarkan pikiran.

Memijat Bagian yang Nyeri

Langkah selanjutnya adalah dengan memijat bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi. Jika keluhan terjadi di bagian lutut, cobalah untuk memijatnya dengan cara berikut ini:

  • Mengepalkan kedua tangan dan memukul paha bagian atas, tengah, dan bawah dengan perlahan sebanyak 10 kali. Lakukanlah gerakan ini dalam keadaan duduk dan kaki sambil meluruskan kedua kaki.
  • Gerakan selanjutnya adalah menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Lalu letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Baca Juga: Ciri Tulang dan Sendi Kamu Masih Dalam Kondisi Bagus

Mengompres dengan Es

Mengurangi nyeri pada persendian juga bisa dilakukan dengan cara mengompreskan bagian tubuh yang terasa ngilu dengan air es atau es yang dibalut menggunakan kain. Sensasi dingin yang muncul inilah yang memberikan rasa nyaman pada persendian yang terasa nyeri dan juga bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, terutama di bagian lutut.

Minum Obat

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengurangi nyeri sendi dengan mengonsumsi suplemen seperti hemaviton JointCare MAX dengan kandungan Omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, hemaviton JointCare MAX juga dilengkapi dengan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM yang akan membantu mencegah Osteoarthritis sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan leluasa.