Amankah hemaviton C1000 TOTAL CARE Dikonsumsi oleh Wanita Hamil?

Tuesday, 01 August 2023

Bagi wanita hamil, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik, salah satunya adalah vitamin C atau asam askorbat. Fungsinya adalah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat serta menjaga kesehatan sang ibu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa wanita hamil memerlukan vitamin C:

  1. Pembentukan jaringan tubuh. Vitamin C penting untuk perkembangan plasenta sebagai struktur penting yang menghubungkan janin dengan rahim ibu dan memungkinkan pertukaran nutrisi dan oksigen.
  2. Sistem kekebalan tubuh. Selama kehamilan, sistem kekebalan ibu cenderung berubah, dan vitamin C membantu menjaga ketahanan terhadap infeksi.
  3. Penyerapan zat besi: Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-hewani (zat besi tipe non-hem) dari makanan. Karena kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin dan produksi sel darah merah tambahan, vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.
  4. Perkembangan tulang dan gigi. Vitamin C juga diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat pada janin.
  5. Antioksidan. Vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat meningkat selama kehamilan.
  6. Pencegahan infeksi saluran kemih (ISK): Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih, yang dapat lebih umum terjadi selama kehamilan.
  7. Kesehatan kulit. Vitamin C juga berperan dalam kesehatan kulit, yang dapat mengalami perubahan selama kehamilan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C saat hamil, penting untuk mendapatkannya dari sumber makanan yang seimbang dan sehat seperti buah-buahan (jeruk, stroberi, kiwi) dan sayuran (brokoli, paprika merah, tomat). Selain makanan, wanita hamil juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dari suplemen tambahan seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar  mengandung Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc di dalamnya, hemaviton C1000 TOTAL CARE bekerja secara sinergis membantu menjaga daya tahan tubuh.

Amankah minum hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar saat hamil?

Tenang saja, hemaviton C1000 TOTAL CARE sudah mendapatkan sertifikasi halal dan aman dikonsumsi oleh wanita hamil satu kali dalam satu hari setelah makan. Hal ini karena beberapa kandungan di dalamnya seperti Buffered vitamin C 1000 mg, Vitamin D3 sebesar 400 IU, dan Zinc sebesar 10 mg mencukupi kebutuhan wanita hamil setiap harinya seperti:

  • Vitamin C           : 1000 mg (maksimal)
  • Vitamin D3         : 400 IU (maksimal)
  • Zinc                      : 30 mg (maksimal)

Selain itu, kandungan Buffered Vitamin C di dalamnya lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung. Bahkan, hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar mengandung pemanis alami stevia yang lebih rendah gula dan rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang mengurangi asupan gula dalam tubuh, terutama saat menjalani masa kehamilan. Agar kebutuhan vitamin dapat terpenuhi dengan baik, pastikan untuk mengonsultasikan mengenai kebutuhan vitamin C saat hamil pada dokter, ya.

Nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil

Selain vitamin C, D, dan zink, pastikan juga untuk mendukung masa kehamilan kamu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi penting lainnya seperti:

  1. Asam Folat (Folate) yang sangat penting untuk mencegah kelainan tabung saraf pada janin. Ibu hamil disarankan mengonsumsi 600-800 mikrogram asam folat setiap harii.
  2. Zat besi (iron): Kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan karena darah yang lebih banyak diproduksi untuk memenuhi kebutuhan janin. Konsumsi zat besi yang disarankan selama kehamilan biasanya adalah sekitar 27-30 mg per hari.
  3. Kalsium (Calcium) untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi janin. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1.000-1.300 mg kalsium per hari.
  4. Protein untuk mendukung pertumbuhan jaringan janin dan plasenta. Ibu hamil perlu lebih banyak protein, dengan RDA sekitar 71 gram per hari.
  5. Fosfor (Phosphorus) yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Kebutuhan harian adalah sekitar 700 mg.
  6. Vitamin A penting untuk perkembangan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh janin. Hindari dosis berlebihan vitamin A, dan pastikan mendapatkannya dari sumber-sumber yang aman seperti makanan berbasis tumbuhan.
  7. Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang sehat. Sumber utama vitamin B12 adalah produk hewani seperti daging, susu, dan telur.
  8. Serat dan karbohidrat yang kompleks penting untuk menjaga pencernaan yang sehat dan energi yang konsisten selama kehamilan.
  9. Asam lemak omega-3, terutama DHA (asam docosahexaenoic) untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak atau suplemen DHA yang disetujui.
  10. Air untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dan membantu mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Tak Menentu