Agar Tetap Bertenaga, Intip Cara Menjaga Stamina Saat Puasa

Monday, 06 March 2023

Tetap aktif berkegiatan saat berpuasa menuntut kita untuk menjaga stamina tubuh dengan baik. Pasalnya, selama berpuasa kita harus menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama, sehingga dibutuhkan pasokan tenaga yang lebih besar dari biasanya agar rutinitas harian dapat dilakukan secara maksimal. Nah, jika kamu termasuk seseorang dengan aktivitas yang cukup padat setiap harinya, cara menjaga stamina saat puasa berikut ini bisa jadi solusinya!

                                   

1. Sahur dengan makanan bernutrisi tinggi

Cara menjaga stamina saat puasa bisa diawali dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sahur, terutama makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, berserat tinggi, dan kaya akan protein. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan, oatmeal, dan nasi inilah yang akan menjadi gula dalam darah dan digunakan sebagai energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.

Sedangkan untuk makanan berserat tinggi kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli yang berperan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Untuk sumber protein, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sebagai lauk antara lain daging sapi, daging ayam, telur, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang bisa memberikan energi untuk beraktivitas selama berpuasa.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik

Saat berpuasa, kita cenderung akan lebih cepat merasa haus. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan cairannya. Oleh karena itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral sebanyak delapan gelas setiap harinya sesuai dengan jadwal minum saat berpuasa seperti:

  • Satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur
  • Satu gelas setelah sahur
  • Satu gelas sebelum imsak
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas setelah solat maghrib
  • Satu gelas setelah makan malam
  • Satu gelas setelah tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur di malam hari

3. Berbuka puasa dengan makanan sehat

Sebagian besar orang menjadikan momen berbuka puasa sebagai ajang “balas dendam” dengan menyantap berbagai hidangan yang tersaji di meja makan. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini, ya.

Cara menjaga stamina selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih makanan sehat saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, kamu bisa mengawalinya dengan makan minum segelas air putih, buah kurma, dan juga takjil dalam porsi yang tidak berlebihan. Kemudian, beri jeda waktu kurang lebih 30 menit hingga satu jam sebelum menyantap hidangan utama yang kaya akan nutrisi.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Saat Berpuasa: Kurangi Makanan Bersantan!

4. Olahraga rutin

Berpuasa bukanlah alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Tak perlu olahraga yang terlalu berat, kamu bisa menjaga stamina dengan melakukan beberapa aktivitas tubuh seperti jalan sehat di pagi hari setelah solat subuh atau dengan melakukan gerakan peregangan untuk melatih kekuatan otot seperti push up, plank, sit up 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Lakukan hal ini dua hingga tiga kali seminggu agar stamina tetap terjaga.

5. Istirahat cukup

Puasa cenderung membuat kita kekurangan waktu tidur, pasalnya kita harus bangun untuk sahur saat dini hari dan dilanjutkan dengan memulai aktivitas harian. Untuk mengakalinya, hindari begadang dan tidur lebih awal di malam hari. Dengan begini, kamu tetap bisa menikmati kualitas tidur yang baik.

6. Mengonsumsi suplemen kesehatan

Selain makanan sehat, istirahat cukup, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi suplemen kesehatan setelah sahur adalah cara menjaga stamina saat puasa yang bisa juga kamu lakukan. Untuk yang satu ini, kamu bisa memercayakannya pada hemaviton Stamina Plus yang memiliki kandungan sebagai berikut ini.

  • Buffered Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid serta Folic Acid untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh.

Tak perlu khawatir, sebab kandungan Buffered Vitamin C yang terdapat dalam hemaviton Stamina Plus bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung. Oleh karena itu, yuk sediakan selalu hemaviton Stamina Plus dengan cara membelinya di toko kesayangan atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu sekarang juga.

Artikel Lainnya: Benarkah Wanita Lebih Mudah Mengalami Nyeri Sendi? Temukan Jawabannya di Sini