Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Saat Berpuasa: Kurangi Makanan Bersantan!

Thursday, 28 April 2022

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal yang bila tidak segera diatasi, maka kolesterol yang berlebihan di dalam darah bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Salah satu pemicunya adalah konsumsi makanan bersantan dalam jumlah berlebihan, terutama saat puasa dan lebaran. Oleh karena itu, mengurangi makanan bersantan seperti lodeh, gulai, rendang daging, opor ayam, kolak pisang, dan menu lainnya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa Anda lakukan.

Dilansir dari IDEAOnline, santan berasal dari daging kelapa tua dan memiliki konsistensi yang kental dan teksturnya yang lembut. Meski bisa menambah kelezatan hidangan makanan dan seringkali dijadikan sebagai bahan utama untuk berbagai makanan nusantara, santan memiliki kadar kalori yang cukup tinggi, di mana kalorinya banyak berasal dari lemak jenuh yang bisa memicu masalah kesehatan. Inilah alasan mengapa kita sebaiknya tidak mengonsumsi makanan bersantan dalam porsi yang berlebihan.

Cara menurunkan kolesterol tinggi saat berpuasa

Selain mengurangi makanan bersantan, berikut ini cara menurunkan kolesterol tinggi saat berpuasa yang bisa Anda lakukan menurut Halodoc.com.

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara menurunkan kolesterol tinggi terbaik adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam sayur dan buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk membantu menurunkan kolesterol adalah 500 gram setiap harinya. Untuk yang satu ini, bisa Anda lakukan saat berbuka puasa.

2. Menghindari berbuka puasa dengan makanan berlemak

Jangan jadikan momen berbuka puasa sebagai ajang “balas dendam” dengan menyantap berbagai hidangan yang ada di depan mata, terutama makanan berlemak seperti gorengan. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih makanan rendah lemak seperti ikan, daging ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

3. Mengganti santan dengan bahan lain

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengganti santan dengan bahan lain yang bisa memberikan cita rasa dan tekstur yang mirip, seperti susu, yogurt tawar, bubuk serat, susu almond atau susu gandum.

4. Olahraga teratur

Meski sedang berpuasa, namun olahraga sangat baik dilakukan untuk menjaga stamina sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan lakukan dua hingga tiga kali seminggu selama 30 menit menjelang waktu berbuka puasa.

5. Istirahat cukup

Saat bulan puasa, kita cenderung kekurangan waktu tidur karena harus bangun untuk sahur dan langsung melanjutkan rutinitas harian. Sebagai solusinya, kita bisa tidur lebih awal di malam hari. Hindari untuk begadang hanya untuk bermain game atau scrolling media sosial, ya!

Cara menurunkan kolesterol tinggi lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan rutin minum hemaviton Cardio saat makan sahur dan buka puasa. Kandungan bahan alami Phytosterol 500 mg di dalamnya bermanfaat untuk memblok kolesterol yang masuk ke dalam darah melalui makanan.

Tak hanya itu saja, hemaviton Cardio juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral seperti Vitamin C, Vitamin E, Zinc yang kaya antioksidan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar puasa lancar tanpa gangguan kolesterol tinggi, yuk pastikan persediaan hemaviton Cardio di rumah masih lengkap dengan cara membelinya di Apotik & Toko Obat terdekat atau dapatkan di Tempo Store Official  melalui marketplace kesayangan kamu.