Wah, Ternyata Ini 5 Rahasia Membakar Kalori Lebih Cepat Saat Olahraga!

Friday, 24 August 2018

Seperti yang kita tahu, saat ini gaya hidup sehat terutama olahraga menjadi salah satu tren yang banyak digemari oleh masyarakat, dan mungkin kamu adalah salah satunya. Selain sebagai tren, banyak orang juga memanfaatkan olahraga sebagai cara paling ampuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Nah, biar olahraganya makin semangat, yuk simak beberapa rahasia membakar kalori lebih cepat saat olahraga berikut ini!

Tentukan target

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menentukan tujuan atau target olahraga. Dalam hal ini adalah target mengenai seberapa besar jumlah kalori yang ingin kamu bakar setiap periode waktunya. Misalnya saja kamu punya target ingin membakar 10 kalori dalam waktu 60 detik saat lari menggunakan treadmill. Hal ini akan membuatmu semangat dan berusaha mencapainya.

Fokus saat melakukan repetisi gerakan

Repetisi atau pengulangan gerakan biasanya terjadi saat kita melakukan olahraga kardio yang akan membantu kamu untuk mencapai goal dengan lebih cepat, dan setiap gerakan ini umumnya dilakukan sebanyak 8-12 repetisi. Namun, ada juga yang melakukannya lebih dari 12 repetisi dengan anggapan kalori yang terbakar jauh lebih banyak. Well, sebuah penelitian dari University of Stirling di Skotlandia menunjukkan bahwa orang yang melakukan repetisi gerakan lebih sedikit akan mendapatkan manfaat kardiovaskular lebih besar dibanding mereka yang melakukan repetisi lebih banyak. Mulai sekarang, coba deh lakukan gerakan kardio selama 20 detik diikuti dengan istirahat selama 10 detik, lakukan sebanyak 8 kali repetisi dengan fokus untuk setiap gerakannya.

Coba olahraga seperti MuayThai, HIIT, atau Cross Fit

Cara selanjutnya adalah dengan mencoba beberapa jenis olahraga seperti MuayThai, HIIT, atau Cross Fit. Jenis olahraga tersebut terdiri dari banyak gerakan berulang  yang tentunya akan membantu kamu membakar kalori dalam tubuh. Untuk olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) misalnya. Meski hanya dilakukan dalam waktu yang singkat, yaitu sekitar 10-20 menit saja, namun olahraga ini termasuk sebagai olahraga kardio dengan intensitas tinggi dan sama manfaatnya dengan dua kali olahraga dengan intensitas sedang.

HIIT ini sendiri biasanya dimulai dengan jogging selama 10 menit sebagai pemanasan, dilanjutkan dengan sprint selama 20 detik, kemudian melakukan kegiatan berjalan selama 1 menit sebagai pemulihan. Beberapa kegiatan ini dilakukan sebanyak 5-10 kali repetisi untuk meningkatkan kesehatan jantung serta membakar lemak dalam tubuh.

Lakukan gerakan plyometrics

Gerakan plyometrics adalah jenis latihan yang banyak dilakukan oleh para atlet dan terdiri dari gerakan-gerakan eksplosif yang bertujuan untuk mengembangkan kekuatan otot, sehingga membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk melakukannya. Contoh gerakannya adalah clap press-up atau melakukan gerakan push up yang diselingi dengan menepuk kedua tangan. Kamu bisa melakukannya sendiri atau secara berpasangan. Namun ingat, pastikan untuk melakukan gerakan ini di atas karpet, matras, atau rumput untuk menghindari cidera dan tentunya di bawah pengawasan pelatih.

Minum air dingin setelah olahraga

Sebuah penelitian membuktikan bahwa air dingin akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Inilah alasan kenapa air dingin (lebih dingin dari suhu ruangan) baik diminum setelah berolahraga. Selain itu, kita pun akan lebih tertarik untuk meminumnya dalam jumlah yang banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

Membakar kalori saat olahraga adalah kegiatan yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan hemaviton Energy setiap saat, ya! Kandungan alami Ginseng Extract, Taurine, serta Vitaminnya bisa memberikan instant energy untuk kamu yang suka banget olahraga! Yuk tambah energi dan semangat kamu dengan minum hemaviton Energy!