Mau Hidup Sehat? Yuk, Cek Makanan Rendah Kolesterol yang Sehat dan Lezat Ini!

Thursday, 30 August 2018

Bisa makan makanan enak setiap waktu tanpa takut ancaman kelebihan kolesterol memang impian setiap orang, dan mungkin kamu adalah salah satunya. Namun, satu hal yang harus selalu kamu ingat adalah bahwa tidak semua makanan enak ini mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Terkadang ada saja bahkan banyak sekali makanan enak yang tidak memenuhi kebutuhan gizi manusia dan justru berakhir dengan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Kalau sudah begini, kemungkinan terserang penyakit jantung menjadi sangat besar jika tidak menjaga kadar kolesterol dalam darah. Bisa-bisa kamu tidak bisa lagi makan makanan enak, dong? Maka dari itu, yuk mulai hidup sehat dengan mengonsumsi beberapa makanan rendah kolesterol yang sehat dan lezat berikut ini.

Oatmeal

Menurut artikel yang dikeluarkan oleh Harvard Medical School, langkah utama yang harus dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan berserat, seperti oatmeal misalnya. Kamu bisa mengonsumsinya saat sarapan dengan menambahkan susu dan buah-buahan seperti pisang, strawberry, atau kismis. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa membuat overnight oatmeal dan dinikmati dalam keadaan dingin. Atau bisa juga dengan membuat smoothies dengan mencampurkan 5 sendok oat ke dalamnya.

Biji-bijian

Makanan rendah kolesterol selanjutnya yang juga baik dikonsumsi adalah kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang merah, lentils, dan kacang polong hitam. Beberapa bahan makanan ini baik untuk dikonsumsi karena mengandung protein dan juga serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Ikan yang mengandung lemak

Ikan juga termasuk sebagai bahan makanan rendah kolesterol yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti daging yang tinggi akan lemak jenuh. Mengonsumsi ikan sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh karena kandungan Omega 3 di dalamnya. Omega 3 inilah yang nantinya akan mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan melindungi jantung serta mencegah timbulnya ritme detak jantung yang abnormal akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Buah-buahan

Selain sayuran, konsumsi juga beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk, dan buah pir yang kaya akan pectin, salah satu jenis serat yang mudah untuk dicerna dalam tubuh. Pectin sendiri merupakan karbohidrat kompleks alami yang ditemukan pada dinding sel tumbuhan yang berfungsi mengatur aliran air antara sel dan juga membuat sel-sel ini menjadi “kaku”. Pada akhirnya zat ini diisolasi oleh ahli kimia menjadi substansi yang menyebabkan selai dan jeli bertekstur seperti jeli. Dari sinilah pectin akhirnya juga digunakan secara luas untuk produksi makanan dan obat-obatan.

Selain berguna untuk meringankan keluhan tenggorokan, pectin juga dipercaya mampu menurunkan kolesterol LDL yang dapat memicu penyaki8t jantung. Inilah alasan kenapa penderita penyakit jantung dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung pectin yang tinggi, seperti wortel, buah peach, apel, buncis, dan kentang.

Menggunakan minyak sayur untuk memasak

Hindari juga penggunaan butter atau margarin sebagai minyak goreng. Sebagai solusinya, cobalah untuk memasak menggunakan minyak sayur seperti canola, sunflower, safflower, atau jenis vegetable oil lainnya. Tidak perlu khawatir, saat ini kita bisa menemukan minyak jenis ini di berbagai toko organik baik secara offline maupun online, lho.

Hawaiian poke bowl

Selain membuat masakan sendiri di rumah, kamu juga bisa mencoba tren makanan rendah kolesterol kekinian seperti Hawaiian Poke Bowl. Biasanya dalam satu porsinya sudah terdapat beberapa jenis makanan yang tinggi akan serat seperti quinoa, sayuran, potongan ikan salmon, wijen, alpukat, dan beberapa bahan segar dan menyehatkan lainnya. Sehat dan mengenyangkan!

Tidak hanya mengonsumsi beberapa makanan rendah kolesterol di atas, penting juga untuk cek kolesterol secara berkala, karena dari hasil penelitian menunjukkan kalau kadar kolesterol yang tinggi tidak memiliki gejala yang khas. Seimbangkan juga gaya hidup dan pola makan kamu dengan hemaviton Cardio yang mengandung Phytosterol agar kolesterol yang masuk melalui makanan dapat terblok sebelum masuk ke dalam darah. Selain itu, vitamin dan mineral antioksidan di dalamnya juga penting untuk menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah.