Ini Arti Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan di Tengah Malam

Thursday, 31 August 2017

Tengah malam adalah waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat dan melepas lelah. Bahkan sebagian besar orang sudah terlelap di waktu ini. Namun bagi sebagian orang, tidur dengan nyenyak bukanlah hal yang mudah. Waktu istirahat mereka justru kerap terganggu dengan berbagai kebiasaan yang muncul di tengah malam. Akibatnya, Kualitas tidur jadi menurun. Apakah kamu juga termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan di bawah ini?

Mendengkur saat tidur

Dengkuran terjadi akibat udara yang melewati struktur saluran pernapasan saat tidur terhambat. Menurut situs alo dokter, secara umum dengkur terjadi ketika jaringan lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan tenggorokan menjadi rileks pada saat kita memasuki tidur yang lebih dalam (terlelap) setelah tidur selama sekitar 90 menit. Bagian lain yang juga mengalami getaran adalah saluran hidung, dasar lidah, dan tonsil. Otot dan jaringan yang berada di dalam kondisi rileks inilah yang menyebabkan terganggu atau terhalangnya aliran udara yang lewat sehingga terjadilah getaran atau dengkur.Makin sempit aliran udara, maka makin sulit juga udara melewati saluran pernapasan. Kondisi ini menyebabkan bertambahnya kekuatan aliran udara yang menghasilkan getaran atau suara dengkur makin kuat juga. Jika dibiarkan, dengkuran bisa semakin parah, bahkan bisa jadi merupakan gejala awal penyakit sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur).

Lapar tengah malam

Kamu sering terbangun di malam hari, merasa lapar, dan sulit tidur lagi sebelum mengonsumsi suatu makanan? Seperti dilansir dari Detik Health, penelitian terbaru dari Salk Institute di AS menunjukkan bahwa sindrom makan di tengah malam kemungkinan besar muncul saat gen yang melakukan sinkronisasi antara pola makan dan tidur mengalami kerusakan.Tanda-tanda sindrom ini yakni bangun di malam hari dan tidak bisa kembali tidur jika belum makan. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena orang tersebut makan malam ala kadarnya dengan menu berkalori tinggi. Kebiasaan ini perlu diwaspadai karena jika berlangsung terus menerus akan menyebabkan berat badan bertambah secara signifikan mengingat setelah makan di tengah malam, kemungkinan besar orang tersebut akan langsung tidur.

Terbangun di malam hari

Jika kamu kesulitan tidur di malam hari dan kerap terbangun tanpa penyebab yang jelas, maka ada beberapa kemungkinan. Pertama, aktivitasmu di siang hari terlalu ringan dan banyak makan sehingga kamu masih merasa berenergi sewaktu tubuh harusnya beristirahat. Selain itu bisa jadi ini merupakan indisikasi kamu sedang mengalami kecemasan, kemarahan, atau kesedihan. Perasaan negatif tersebut akan membuat kamu resah dan tubuh sulit rileks. Akibatnya kamu terus terbangun ketika tidur.

Buang air kecil tengah malam

Kalau kamu punya kebiasaan buang air kecil tengah malam, padahal kamu sudah buang air kecil sebelum tidur dan tidak berada dalam kondisi hamil, maka kamu harus berhati-hati. Bisa jadi hal ini diakibatkan kadar gula darah yang tinggi, maka glukosa yang tidak bisa dimetabolisme akan ikut terbuang melalui urine. Akhirnya urine menjadi lebih kental dan membutuhkan air untuk mengencerkannya. Air yang digunakan ini diambil dari dalam tubuh. Tubuh pun mengalami dehidrasi dan membutuhkan banyak minum. Jika seseorang banyak minum, otomatis buang air kecilpun menjadi lebih sering.

Meskipun kamu harus memastikannya dengan pemeriksaan lebih lanjut, maun tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan memperbaiki pola makanmu. Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan minum hemaviton GluCare setiap hari. Kandungan Chromium Nicotinate, Zinc, dan Vitamin serta Mineral di dalamnya penting untuk menjaga Kadar Gula Darah kamu. Chromium Nicotinate bisa membantu meningkatkan sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin sehingga jaringan tubuh dapat menyerap gula darah dan mengubahnya menjadi energi sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga.