Susah Tidur? Matikan Gadget!

Tuesday, 18 August 2015

Seringkali baru bisa terlelap ketika lewat tengah malam atau bahkan saat dini hari tiba? Bisa jadi kamu mengalami gangguan insomnia atau kesulitan tidur. Ada banyak penyebab susah tidur, mulai stres, ketidaknyamanan ruangan, hingga efek samping obat-obatan. Namun kalau kamu merasa tidak stres, kamarmu nyaman, dan tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu tetapi masih sering sulit tidur, bisa jadi gadget-mu adalah penyebabnya.

Studi yang dilakukan oleh Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute percaya cahaya dari gadget dapat  memengaruhi produksi melatonin tubuh (hormon yang dapat membantu tubuh tidur dan beristirahat). Dua jam terekspos cahaya dari gadget dapat menekan produksi melatonin hingga 22%.

Kalau kamu pencinta gadget dan perangkat elektronik, sebaiknya selesaikan semua urusanmu dengan gadget setidaknya dua jam sebelum waktu tidur tiba untuk membantumu lebih cepat terlelap. Kekurangan waktu tidur dapat memicu rangkaian risiko penyakit seperti jantung, diabetes, dan risiko kelebihan berat badan. Namun yang sudah pasti jika kurang tidur, kondisi fisik tubuhmu menjadi kurang fit keesokan harinya. Padahal banyak aktivitas menanti. Tidur membantu tubuhmu me-recharge energi untuk aktivitas esok hari.

Selain matikan gadget, kamu juga bisa matikan televisi dan lampu kamar ya. Setidaknya redupkan cahayanya. Minum teh atau susu hangat sebelum tidur, menenangkan pikiran, serta olahraga dua jam sebelum tidur juga bisa membantu kamu terlelap dengan cepat.

Foto: Shutterstock