Hati-hati, 6 Keluhan Ini Bisa Menjadi Gejala Gangguan Saraf

Wednesday, 17 April 2019

Sistem saraf memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup kita. Hal ini karena sistem saraf manusia memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan impuls dari otak ke seluruh jaringan tubuh, sehingga tubuh bisa bekerja secara normal dan membuat kita mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Namun, terkadang padatnya aktivitas sehari-hari yang kurang didukung dengan gaya hidup sehat membuat sistem saraf menjadi rusak dan tentunya sangat memengaruhi fungsi tubuh. Saat sistem saraf mengalami kerusakan, biasanya tubuh akan memberikan sinyal melalui beberapa gejala yang jika dibiarkan dalam waktu lama bisa memicu timbulnya berbagai penyakit yang cukup serius. Sebagai tindakan pencegahan, yuk ketahui beberapa keluhan yang bisa menjadi gejala gangguan saraf berikut ini.

Sering sakit kepala

Sakit kepala memang merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika Anda seringkali mengalaminya dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa jadi hal ini karena saraf dibagian leher terjepit dan mengganggu aliran impuls dari otak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksakan lebih lanjut kondisi seperti ini ke dokter untuk mencegah hal yang lebih serius lagi.

Keluar keringat berlebihan

Normalnya, racun dalam tubuh akan keluar dari tubuh manusia salah satunya melalui keringat dan biasanya hal ini terjadi saat kita berolahraga. Namun jika keringat yang keluar dirasa terlalu berlebihan, bahkan saat Anda melakukan aktivitas yang ringan sekalipun, ada baiknya untuk mengonsultasikannya pada dokter. Munculnya keringat yang berlebihan bisa menjadi salah satu indikasi adanya gangguan pada saraf yang membawa informasi dari otak ke kelenjar keringat.

Tubuh nyeri

Keluhan selanjutnya adalah rasa nyeri yang hebat muncul di bagian pinggang ke kaki dalam jangka waktu yang cukup lama disertai dengan kesemutan dan rasa panas yang menjalar hingga ke kaki. Kondisi seperti ini terjadi sebagai sinyal dari tubuh bahwa ada saraf sensorik yang mengalami kerusakan.

Susah bergerak

Saat saraf motorik tubuh mengalami kerusakan, maka seseorang akan merasa kesulitan untuk bergerak meskipun hanya sedikit. Biasanya hal ini terjadi secara tiba-tiba dan jika tidak mendapat penanganan lebih lanjut bisa mengakibatkan munculnya penyakit seperti stroke.

Anggota badan terasa kebas atau mati rasa

Selain rasa nyeri yang hebat, keluhan lain yang juga bisa menjadi gejala gangguan saraf adalah rasa kebas atau kesemutan pada anggota tubuh tertentu dalam jangka waktu yang lama dan terjadi secara terus menerus. Jangan anggap hal ini sebagai hal yang sepele, karena bisa saja Anda sedang mengalami kerusakan pada saraf sensorik tubuh.

Kehilangan keseimbangan

Jika Anda seringkali terjatuh atau tersandung tanpa sebab yang jelas, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter. Kehilangan keseimbangan yang menyebabkan seseorang terjatuh tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa sedang terjadi kerusakan pada saraf otak.

Namun, tentunya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya beberapa gejala gangguan saraf di atas, diantaranya adalah dengan olahraga, menjaga berat badan ideal, dan juga mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan. Selain itu, cukupi juga kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta suplemen tambahan seperti hemaviton Neuro Forte.

Vitamin neurotropik dengan kandungan utama Vitamin B1  100 mg, Vitamin B6  100 mg, dan Vitamin B12  5000 mcg yang bekerja optimal dalam memelihara kesehatan sistem saraf. Yuk, cegah kerusakan saraf dengan minum hemaviton Neuro Forte secara rutin mulai dari sekarang.