Cara Mengolah Makanan Tanpa Menghilangkan Vitamin

Sunday, 16 July 2017

Banyak orang yang berargumen bahwa makanan yang tidak dimasak akan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding makanan yang sudah dimasak. Hal ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena sebetulnya ada juga proses pengolahan yang justru meningkatkan kualitas dan nutrisi bahan makanan itu sendiri. Penasaran? Yuk cermati cara memasak berikut ini dan jangan lupa mempraktikannya sendiri di rumah!

  • Dipanaskan dengan microwave
    Selain bagus untuk mencairkan makanan beku, ternyata microwave juga dipercaya bisa memasak sayuran tanpa banyak merusak kandungan nutrisinya. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli yang dipanaskan dengan microwave tetap mengandung vitamin C sebanyak 80%. Padahal biasanya kandungan vitamin C pada makanan hampir selalu rusak saat dimasak, karena zat penyusunnya tak stabil jika dipanaskan. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan fasilitas pengatur suhu yang terdapat pada microwave. Alat pengatur suhu ini memungkinkan pemanasan yang stabil dan lebih terkontrol dibanding cara memasak lainnya. Pemanasan dengan microwave juga tidak membutuhkan minyak, jadi bisa makin sehat deh untuk diet rendah kolesterolmu!
     
  • Dikukus atau di-tim
    Semua makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau di-tim punya kandungan nutrisi dan rasa yang relatif tak terlalu banyak berubah. Karena tidak langsung terkena dengan api, tak banyak zat gizi seperti vitamin yang rusak. Oleh karena itu cara ini sering banget direkomendasikan oleh para pecinta makanan sehat! Punya ikan? Lebih baik kamu tim saja daripada kamu goreng.
     
  • Dibakar
    Khusus untuk daging dan ikan yang sudah dipotong atau dicacah tipis, cara pemasakan dengan grilling dipercaya sebagai cara terbaik yang tidak merusak kandungan nutrisi. Namun perlu diingat, pembakaran yang terlalu lama dapat menyebabkan tidak stabilnya kandungan antioksidan dalam daging. Bahkan jika sampai gosong, bagian makanan yang menghitam ini bisa jadi zat karsinogenik alias penyebab kanker. Next time lagi bakar sate, jangan dibiarkan lama-lama di atas bara api ya!
     
  • Tidak merendam sayuran dan buah
    Hal ini bisa melunturkan kandungan gizi seperti vitamin C pada sayur dan buah kamu. Jadi, lebih baik kamu mencuci sayur dan buah persis sebelum diolah. Jangan lupa mencuci hingga bersih semua permukaan sayur dan buah untuk membersihkannya dari kuman, bakteri, serangga, hingga residu pestisida yang menempel. Perhatikan juga buah-buahan yang berkulit tipis seperti apel dan pear, lebih baik kamu kupas kulitnya dan bilas sebentar dengan air bersih (dengan air minum lebih baik).
     
  • Direbus dalam air
    Cara merebus sudah ada sejak jaman dulu, jadi cara ini memang salah satu cara memasak yang paling alami dan sehat. Hanya saja perlu kamu ingat, merebus dengan suhu tinggi bisa melarutkan vitamin B kompleks dan vitamin C, serta sebagian besar kandungan mineral dalam makanan! Oleh karena itu ilmuwan menyarankan untuk tidak merebus sayuran berlama-lama. Namun sebaliknya khusus untuk wortel, mentimun, serta brokoli, ternyata rebus merebus justru meningkatkan kualitas zat gizinya dibanding kalau kamu goreng, kukus, bahkan lebih baik direbus daripada dikonsumsi mentah.
     
  • Griddling
    Griddling adalah istilah untuk menyebut cara memanaskan bahan makanan di atas wajan seperti menumis, namun nggak pakai minyak. Beberapa penelitian merekomendasikan griddling untuk memasak sayur bit, seledri, bawang, lobak, dan kacang-kacangan hijau.