Kandungan Nutrisi Pada Makanan Berdasarkan Warna

Monday, 28 August 2017

Bagaimana Anda menentukan menu makanan setiap harinya? Apakah berdasarkan jenis makanan yang Anda sukai atau karena alasan kepraktisan? Bisa jadi Anda juga mengikuti pola diet tertentu. Namun, tidak ada salahnya membuat menu makanan berdasarkan warna, khususnya untuk asupan sayur dan buah. Sebab ternyata, warna sayur dan buah yang berbeda, memiliki manfaat yang berbeda pula untuk tubuh. Coba simak kandungan nutrisi di balik setiap warna berikut ini.

Biru, Ungu, Merah Tua

Buah-buahan dan sayuran berwarna biru, ungu dan merah penuh dengan anthocyanin dan proanthocyanidins  yang berkhasiat sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan sendiri antara lain untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan otak berfungsi optimal.

Banyak terdapat dalam: blackberry, blueberry, strawberry, anggur, terong, plum.  

Merah

Sayur dan buah berwarna merah mengandung lycopene, Nutrisi yang dapat membantu melindungi dari risiko kanker prostat dan payudara.

Banyak terdapat dalam: Jeruk bali, jambu, paprika merah, tomat, semangka

Oranye

Alpha dan beta karotena membuat makanan seperti wortel dan ubi jalar jadi sangat oranye. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi bentuk aktif vitamin A yang membantu menjaga mata, tulang dan sistem kekebalan tubuh sehat. Fitokimia ini juga berperan sebagai antioksidan, sehingga menyapu radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Banyak terdapat dalam: Aprikot, belewah, wortel, mangga, pepaya, jeruk, ubi jalar

Kuning kehijauan

Banyak sayuran kuning dan hijau adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang baik, nutrisi yang terakumulasi di mata dan membantu mencegah penurunan fungsi mata dan kebutaan karena pertambahan usia. Sayuran hijau juga kaya akan beta karotena.

Banyak terdapat dalam: Jagung, selada, labu kuning. Arugula, sawi hijau, lobak hijau

Hijau

Sayuran seperti brokoli dan kale, mengandung senyawa indole dan isothiocyanate yang dapat membantu mencegah kanker dengan meningkatkan produksi enzim untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Banyak terdapat dalam: brokoli, kubis hijau, kale, kembang kol