Sebelum Mudik, Perhatikan Hal Penting Ini!

Thursday, 30 June 2016

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Tidak ada yang mengalahakan semangat untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Meskipun perjalanan mudik menyita tenaga dan waktu, namun tradisi ini selalu dirindukan oleh setiap tahunnya. Jika kamu termasuk salah satu orang yang rutin pulang kampung alias mudik, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat mudik agar perjalanan mudikmu lebih lancar dan menyenangkan.

Belanja oleh-oleh 
Namanya juga ritual setahun sekali, malu dong kalau kamu ngga membawa buah tangan buat keluarga di kampung halaman? Apalagi Hari Raya Idul Fitri adalah kesempatan yang baik untuk berbagi. Meskipun bukan barang yang mahal, oleh-oleh yang kamu bawa adalah bentuk perhatian yang bisa membahagiakan keluarga di kampung halaman. Jadi jangan lupa membbeli oleh-oleh. Jika budgetmu tidak banyak, kamu bisa membawa buah tangan berupa makanan yang bisa dinikmati bersama-sama.

Pastikan rumah aman
Di saat orang-orang pergi mudik meninggalkan rumahnya, kesempatan itu kerap dimanfaatkan pencuri untuk menerobos rumah. Wah, jangan sampai terjadi pada kamu deh. Lebih baik pastikan keamanan rumah sebelum berangkat musik. Coba cek apakah semua kunci pintu dan jendela rumahmu masih berfungsi dengan baik ataukah ada yang perlu diganti. Jika perlu, tambahkan kunci ganda. Sebaiknya gunakan juga lampu sensor cahaya untuk bagian luar rumahmu. Selain aman dari pencuri, cek juga apakah kamu sudah mematikan kompor atau alat-alat elektronik di rumah. Jika perlu, cabut kabel perabot elektronikmu untuk menghindari situasi berbahaya yang tidak terduga selama kamu meninggalkan rumah.

Siapkan Transportasi
Kendaraan adalah faktor penting ketika mudik. Tentukan dari jauh hari jenis transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik. Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta, pesanlah tiket dari jarak 3-6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Namun jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, cek kondisi kendaraan secara menyeluruh di bengkel terpercaya. Jangan sampai mobilmu rusak di tengah perjalanan. Lebih baik juga jika dalam satu kendaraan terdapat lebih dari satu orang yang bisa bergantian menyetir mobil.

Tukarkan uang kecil
Tidak lengkap rasanya merayakan lebaran tanpa membagikan angpao untuk adik atau keponakan. Pasti angpao jadi sesuatu yang ditunggu saat lebaran. Tukarkan uang kecil sebelum mudik sehingga kamu lebih mudah saat membagikan angpao. Biar lebih seru, kamu juga bisa menempatkan uang tersebut di angpao kecil bercorak lucu. Meskipun jumlahnya tidak besar, tetapi bisa jadi sangat berarti untuk adik dan keponakan yang masih sekolah. Seru ya!

Kesehatan Prima
Sudah jauh-jauh mudik, tetapi hanya kelelahan dan tidak bisa menikmati suasana. Duh, sayang banget ya! Jaga terus dong kesehatanmu biar bisa bergembira di kampung halaman. Rutinlah makan makanan bergizi selama berpuasa dan tambahkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh kamu. Misalnya dengan mengonsumi hemaviton action yang bisa menjaga stamina kamu tetap baik sepanjang hari. Selamat berlebaran di kampung halaman!