Tip Lancar Mudik Lebaran

Thursday, 30 June 2016

Memasuki bulan Ramadhan berarti semakin dekat pula kita dengan Hari Raya Idul Fitri. Tentu saja tradisi mudik jadi salah satu hal yang  paling yang dinatikan setiap kali lebaran. Siapa sih yang tak ingin bersilaturahmi sekaligus melepas rindu dengan sanak keluarga di kampung halaman? Sudah seharusnya perjalanan yang kamu nantikan ini dipersiapkan dengan baik. Pasalnya perjalanan mudik lebaran biasanya lebih menantang dibandingkan perjalanan ke luar kota pada waktu lain, karena menjelang hari raya perjalanan antar kota dan provinsi menjadi lebih padat daripada biasanya. Biar perjalanan mudikmu lancar, jangan lupa persiapkan hal-hal berikut ini ya!

1. Cek Kondisi kendaraan
Jika kamu menempuh perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, periksa dan persiapkan kondisi kendaraan pribadimu dua minggu sebelum tanggal keberangkatan. Periksalah secara menyeluruh mulai dari kondisi ban, velg, rem, lampu, klakson, oli, air radiator, dan tentu saja kondisi mesin secara keseluruhan. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki sumber masalah. Lebih baik lakukan dari jauh hari karena semakin mendekati waktu arus mudik, antrean bengkel akan semakin panjang.

2. Mudik Bebas Mabuk
Beberapa orang memiliki masalah mabuk perjalanan. Bahkan jika kamu bukan tipe orang yang mudah mabuk sekalipun, perjalanan yang panjang serta lalu lintas yang padat bisa membuatmu pusing dan mual. Jika kamu tidak menyetir mobil sendiri, usahakan untuk duduk di bangku penumpang bagian depan, dengan begitu jarak pandangmu akan lebih luas dan pusing akan berkurang. Jika bisa, upayakan untuk tidur saat perjalanan dan berhentilah setiap 2-3 jam sekali untuk menghirup udara segar. Saat berbuka, upayakan tidak makan terlalu kenyang, hindari meminum susu atau makanan yang banyak mengandung olahan susu agar tidak menimbulkan mual.

3.Siapkan Perbekalan
Biasanya perjalanan mudik dilakukan beberapa hari sebelum hari lebaran, sehingga kamu dan keluarga bepergian dalam kondisi masih berpuasa. Meskipun begitu siapkan perbekalan dengan cermat. Bawalah air mineral yang cukup untuk berbuka dan makanan yang mengenyangkan seperti roti. Siapkan juga uang tunai untuk digunakan selama perjalanan.

4.Hilangkan Kebosanan
Selain perbekalan makanan dan uang, kamu juga harus menyiapkan berbagai hal yang bisa menjauhkan kebosanan. Apalagi jika perjalanan mudik dilakukan bersama anak-anak. Bawa mainan atau film favorit mereka untuk menemani perjalanan. Untuk dirimu sendiri, siapkan playlist musik, e-book, atau  download webcomic  favorit . Dijamin perjalanan kamu jauh dari membosankan.

5.Stamina Maksimal
Sebelum mudik, pastikan kamu berada dalam kondisi kesehatan yang prima agar tidak menyulitkan rekan-rekan seperjalananmu. Jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, usahakan terdapat lebih dari satu orang dalam rombonganmu yang bisa menyetir sehingga kamu bisa menyetir bergantian. Jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan meminum hemaviton Stamina Plus yang membuat stamina serta fokusmu terjaga meskipun harus menempuh perjalanan panjang. Semoga selamat hingga tujuan ya!