Musim Liburan, Yuk Siapkan Dompet Sekarang!

Thursday, 03 December 2015

Akhir tahun sudah menjelang. Musim liburan sebentar lagi datang. Sibuk mencari tiket pesawat dan akomodasi? Tapi sudah siapkah dompet kamu?

Menyiapkan dana liburan sering dianggap hal sepele. Padahal jika tidak disiapkan bisa mengganggu anggaran rutin kamu. Apalagi seringkali budget liburan membengkak dari rencana. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan seputar menyiapkan dana liburan agar bisa traveling nyaman tanpa takut terlilit utang.

Dana Pra liburan. Ongkos belanja sebelum liburan sering lupa masuk dalam perhitungan. Sendal pantai yang baru, celana pendek, kacamata hitam, sunblock, dan berbagai perlengkapan lain untuk dibawa saat liburan. Semua memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan lupa masukkan kebutuhan dana ini dalam anggaranmu ya. Pilah lagi kalau sandal pantai yang lama masih bagus, untuk apa beli lagi.

Cicil Dananya. Akan lebih baik jika kamu mulai mencicil dana liburan sejak awal tahun. Misalnya kamu memerlukan dana sebanyak 6 juta untuk liburan akhir tahun. Kamu bisa mencicil sebanyak 500 ribu sebulan. Ini akan terasa lebih ringan daripada mengambil dana dari penghasilanmu sebulan sekaligus.

Hati-hati dengan Kartu Kredit. Kamu boleh saja memanfaatkan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat. Tapi pastikan kamu sudah memiliki uang untuk melunasinya saat tagihan datang. Jika tidak, bunga akan bertambah terus setiap bulannya dan anggaran liburanmu jatuhnya akan sangat mahal.

Sumber Dana yang Aman. Kalau kamu tipe yang sulit menabung, masih ada alternatif sumber dana liburan yang lebih aman daripada berutang kartu kredit. Gunakan dana THR atau bonus tahunan untuk liburan. Penghasilan bulananmu akan aman kamu pun bisa liburan dengan nyaman.

Foto: Shutterstock