Tips Sukses Jadi Tukang Foto Keliling

Monday, 23 May 2016

Seperti setiap pekerjaan lain, profesi tukang foto keliling jika dilakoni dengan tekad pun bisa menghasilkan. Buktinya, profesi ini tetap bertahan walau sudah puluhan tahun digerus perkembangan zaman. Dengan kegesitan menangkap momen indah dan bahagia, ada tukang foto keliling yang bisa meraup hingga jutaan rupiah per hari lho. Kamu tertarik? Bisa jadi juga inilah sampingan yang cocok  untukmu menurut aplikasi Peluang Sampingan hemaviton Jreng. Kalau iya, tips sukses di bawah ini pas banget untuk kamu simak :

1. Belajar dasar-dasar fotografi 
Ketika sedang “turun lapangan”, kamu dituntut gesit bergerak ke sana kemari mengabadikan momen-momen berharga orang di sekitarmu. Tak ada waktu banyak untuk mengatur kamera dan objek foto. Belakangan setelah kamu mengecek hasilnya, bisa gawat kalau ternyata hasil fotomu jelek, seperti terlalu gelap, atau kurang fokus. Bisa-bisa nggak ada yang mau membeli fotomu. Dengan menguasai teknik dasar fotografi, kamu bisa menghindari hal ini. Foto kamu jadi lebih mantap dan pastinya bakal makin laris.

2. Modal yang harus dibeli : 
Dari segi kocek, modalnya tak terlalu besar kok. Kamu hanya perlu mempersiapkan peralatannya. Dulunya, para tukang foto bermodalkan kamera polaroid. Kini sudah agak berbeda. Maklum, teknologi kan sudah berkembang pesat. Ini daftar peralatannya yang perlu kamu lengkapi :

a. Kamera digital
Sebagai pemula, jatahkan uang sekitar 1-4 jutarupiah  untuk kamera digital. Tak harus bertipe DSLR yang berat dan besar, kok. Kamera saku saja bisa jadi modal awalmu.

b. Memory card 
Siapkan memory card minimal 8 GB ya, supaya bisa menyimpan ratusan foto sekaligus. 

c. Mesin cetak foto portable 
Beli 1 printer yang bisa kamu bawa ke mana-mana agar bisa langsung cetak foto di tempat dengan praktis.

d. Kertas foto dan tinta printer 
Jangan lupa bawa kertas foto dan isi penuh tinta printer kamu sebelum turun memotret.

e. Aki & stabilizer
Kamu perlu ini sebagai sumber listrik untuk menyalakan printer kamu.

3. Persiapkan mental 
Sebagai tukang foto keliling, kamu harus siap bergerak cepat alias gesit. Bukalah wawasan tentang teknologi foto terbaru.  Kamu juga harus siap-siap nongkrong berjam-jam di tempat wisata, apalagi kalau sedang musim liburan. Selain motret di tempat wisata, kamu bisa juga motret di acara kelulusan dan wisuda. Jangan lupa ya untuk cari tahu jadwal acara penting di kotamu. Jangan lupa juga ya setiap tukang foto keliling pasti nggak selalu berhasil menjual hasil cetakan foto mereka. Jadi, kamu harus siap ditolak ya. Yang terakhir, namun paling penting : jangan mudah patah semangat! Kalau tenaga dan semangat menurun, ada hemaviton jreng yang bisa bantu kamu bekerja sampingan dan merintis masa depan