6 Cara Meningkatkan Fokus Menjelang Interview Kerja

Thursday, 21 February 2019

Interview adalah satu tahap penting yang harus dilewati saat melamar pekerjaan. Di saat inilah seseorang akan dinilai apakah kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Oleh karena itu, butuh persiapan khusus yang harus dilakukan agar tetap fokus menjelang interview kerja, baik secara online maupun tatap muka. Penasaran bagaimana caranya? Simak beberapa langkahnya berikut ini.

Latihan di depan cermin

Interview ini bisa dibilang sebagai salah satu ajang ‘jual diri’ di hadapan sebuah perusahaan, jadi kamu harus mempersiapkannya dengan baik. Caranya adalah dengan rajin berlatih berbicara di depan cermin, terutama dalam menyampaikan kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki atau bisa juga dengan berlatih bersama teman. Anggaplah temanmu ini sebagai pewawancara yang akan memberikan beberapa pertanyaan yang biasa muncul dalam sebuah interview, dan kamu harus menjawabnya dengan yakin. Sering latihan bukan hanya dapat menambah kepercayaan dirimu, tetapi juga melatih konsentrasi sehingga jawaban yang kamu berikan nanti tepat dan tidak melebar kemana-mana.

Cari informasi seputar perusahaan yang dilamar

Hal penting lainnya yang juga harus kamu lakukan adalah mencari tahu sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang kamu lamar, terutama sejarah dan bidang kerja yang akan kamu tuju. Beruntunglah karena saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut dengan mudah berkat adanya internet, media sosial, dan tentunya situs web perusahaan tertentu. Dengan mengetahui informasi seputar perusahaan yang bersangkutan inilah kamu akan dinilai sebagai pelamar yang serius dan memiliki antusias yang besar.

Percaya diri dengan kelebihan yang dimiliki

Kunci sukses interview selanjutnya adalah percaya diri dengan kelebihan yang kamu miliki. Tak hanya kelebihan saja, kamu juga harus bisa menjelaskan kekurangan dalam diri. Namun, pastikan bahwa saat menjawabnya juga disertai dengan bagaimana kamu mengatasi atau menutupi kekurangan yang dimiliki. Misalnya saja kekurangan kamu adalah mudah merasa bosan, maka kamu bisa menjawabnya dengan kalimat seperti, “Kekurangan saya adalah cepat merasa bosan, namun saya biasanya mengatasinya dengan cara mendengarkan musik saat bekerja atau dengan mengambil waktu istirahat selama 5-10 menit untuk menghirup udara luar agar pikiran kembali segar.” Ingat, setiap manusia pasti memiliki kekurangannya masing-masing, namun semua masih bisa teratasi jika ada kemauan, kan?

Istirahat yang cukup

Usahakan untuk istirahat lebih awal di malam hari  sehingga dapat memenuhi kebutuhan waktu beristirahat selama 6-8 jam sehari. Hal ini penting agar saat interview badan terasa segar dan muka tak terlihat kusam dan terbebas dari serangan mata panda. Percayalah kalau kondisi badanmu di pagi hari ini sangat berpengaruh terhadap performa saat interview, lho! Tak hanya membuat badan menjadi lebih segar, beristirahat dengan cukup juga akan meningkatkan fokusmu saat menjawab berbagai pertanyaan nantinya.

Perhatikan penampilan

Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Apa lagi kalau bukan penampilan. Pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya sehari sebelum interview berlangsung ya, mulai dari kemeja, celana, rok, sepatu, dan segala macamnya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan badan dengan mandi dan tak lupa menyemprotkan wewangian, namun jangan berlebihan. Sisir rambut dengan rapi atau bisa juga menambahkan gel rambut bagi para pria, sedangkan wanita juga usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan terpelajar. Meski saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerja dalam bidang kreatif yang membebaskan karyawannya dalam berpakaian khas millenials, namun tak ada salahnya kok untuk berpakaian rapi, bersih, dan wangi saat interview. Ingat, cara berpakaian seseorang juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk menghargai orang lain, lho.

Datang satu jam sebelum interview

Sudah hal yang wajar jika di setiap panggilan kerja, pihak HRD akan menyertakan pernyataan bahwa kita harus datang setidaknya satu jam sebelum interview dilaksanakan. Untuk itu, kamu juga harus mematuhinya. Tak hanya menghargai pewawancara, datang satu jam lebih awal juga bisa membantu mengurangi rasa grogi dan meningkatkan fokus kamu nantinya. Jangan lupa juga untuk memperbanyak senyum ya agar kamu tak merasa gugup.

Tak hanya beberapa cara di atas, masih ada lagi cara lain yang bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi menjelang interview kerja, yaitu mengonsumsi hemaviton Stamina Plus. Kandungan Ginseng Extract, Multivitamin dan Mineral antara lain L-Glutamic Acid serta Folic Acid di dalamnya mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. Dengan begini, kamu tidak akan bingung lagi saat harus menjawab berbagai pertanyaan saat interview nanti, kan? Good luck!