Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Monday, 16 October 2017

Kurangnya fokus dan konsentrasi di kantor seringkali berujung dengan terbengkalainya pekerjaan. Akhirnya performa di kantor jadi tidak maksimal. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan fokus kamu menurun. Mulai dari kondisi fisik yang tidak prima, suasana kerja yang tidak mendukung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebenarnya kamu bisa kok mengatasi berbagai hambatan tersebut dan meningkatkan fokus serta konsentrasi. Yuk coba ikuti tips berikut ini!

Temukan gaya kerja yang cocok
Setiap orang punya gaya kerja yang berbeda-beda. Misalnya saja ada orang yang suka bekerja sambil mendengarkan musik dan ada yang tidak. Ada pula tipikal yang harus bekerja dalam suasana formal sementara yang lainnya lebih suka suasana santai. Carilah gaya kerja yang paling cocok denganmu dan buatlah suasana senyaman mungkin. Tentunya dalam batasan yang diperbolehkan oleh perusahaan juga ya!

Latih otak
Banyak cara sederhana yang ternyata bisa diterapkan untuk melatih konsentrasi otak. Misalnya biasakan dirimu untuk banyak membaca buku atau bermain games yang bisa mengasah daya ingat serta konsentrasi. Lambat laun, otakmu akan semakin terbiasa dan terlatih. Yuk, dicoba!

'Menyaring' kebisingan
Tidak semua orang bisa bekerja dalam suasana yang ramai. Ciptakan suasana tenang dengan menyaring kebisingan. Jika kamu suka mendengarkan musik, gunakan headphone dan nyalakan lagu yang bisa meningkatkan konsentrasi seperti lagu klasik, instrumental, atau apapun lagu favoritmu. Jika kamu tidak suka mendengarkan musik, memakai headphone juga bisa membantu menyaring suara bising meskipun kamu tidak menyalakan lagu apapun.

Jangan lewatkan makan
Sebelum mulai bekerja, pastikan perutmu sudah terisi. Begitu juga saat jam makan siang. Jangan sampai menunda-nunda waktu makan. Perut yang lapar justru bisa membuat konsentrasimu turun. Sebaiknya makan secukupnya secara teratur. Jika merasa lapar di luar jam makan, kamu bisa makan camilan sehat yang tidak mengandung banyak karbohidrat.

Take a power nap
Kelelahan juga bisa jadi faktor yang bikin fokusmu turun. Jika tubuhmu berada dalam kondisi sangat lelah (setelah lembur misalnya), tetapi kamu tetap harus bekerja keesokan harinya, maka tidak ada salahnya sedikit ‘mencuri’ waktu untuk power nap alias tidur siang. Cukup 10 menit atau maksimal 30 menit, maka kamu akan terkejut dengan kesegaran yang kamu dapatkan setelahnya. Dengan tubuh yang lebih segar, otakmu juga lebih mudah berkonsentrasi!

Selain tips di atas, konsumsi juga hemaviton Stamina Plus. Multivitamin yang mengandung Ginseng, Guaranine, dan L-Glutamic Acid untuk membantu memulihkan stamina dan memelihara daya konsentrasi. Stay focus ya guys!