Ini Kaitan Kolesterol Tinggi dengan Diabetes

Friday, 11 November 2016

Jika Anda divonis mengidap diabetes, waspadalah dengan risiko kolesterol. Ternyata kedua penyakit ini berkaitan satu sama lain!

Jika ditilik dari arti katanya, kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang esensial untuk tubuh. Secara alami tubuh kita akan menghasilkan kolesterol untuk jadi salah satu sumber energi. Kolesterol yang dapat menimbulkan penyakit alias kolesterol jahat disebut sebagai LDL (Low Density Lipoprotein). Untuk melawan LDL kita perlu lebih banyak komponen kolesterol baik, yang disebut sebagai HDL (High Density Lipoprotein).

Di sisi lain kondisi diabetes mellitus akan mengubah proses metabolisme terhadap karbohidrat, protein, dan tentunya lemak. Secara berkelanjutan, metabolisme lemak yang terganggu ini akan berisiko meningkatkan produksi kolesterol jahat alias LDL berlebih. Kondisi tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin yang dialami oleh penderita diabetes akan menyebabkan LDL meningkat. Terutama yang bentuknya lemak kecil dan padat. Bentuk kolesterol jahat seperti ini sangat berbahaya karena bersifat lebih mudah menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, penderita diabetes lebih berpotensi mengalami gangguan penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis) yang lebih besar dibanding orang tanpa diabetes.

Makin jadi masalah ketika gaya hidup dan pola makan sang penderita diabetes juga tidak sehat, hanya menghindari makanan bergula tinggi namun tidak membatasi makanan berminyak dan tinggi kolesterol. Tak pelak, kadar LDL pun menumpuk.

Sebaliknya, penderita kolesterol yang bermasalah dengan berat badan berlebihan alias obesitas juga memiliki risiko terkena diabetes mellitus yang cukup tinggi. Pasalnya orang obesitas seringkali terjebak dalam insulin trap. Seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, tubuh membutuhkan insulin untuk mengolah gula menjadi energi. Tanpa insulin, gula akan masuk dalam peredaran darah. Tapi gawatnya, lemak berlebih pada perut buncit seorang penderita obesitas malah bisa menurunkan fungsi insulin dalam tubuhnya.

Penting juga diketahui bahwa kadar LDL dan HDL berkaitan dengan kadar Trigliserida. Trigliserida adalah tipe lemak yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Jadi, semakin tinggi trigliserida jadi indikasi semakin rendahnya HDL sang kolesterol sehat. Untuk mengetahui beda Trigliserida, LDL, HDL, dan kadar aman masing-masing, silakan dibaca di sini.

Jika Anda seorang penderita diabetes mellitus atau memiliki potensi terkena diabetes secara genetis, mulailah membatasi kadar minyak dan lemak yang Anda asup. Jangan lupa juga kontrol gula darah Anda secara ketat dengan pola makan yang rendah gula, berolahraga teratur, dan minum obat. Bila perlu minum hemaviton GluCare yang mengandung Chromium Nicotinate yang bantu sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin sehingga dapat menyerap gula darah dan mengubahnya menjadi energi. hemaviton GluCare juga mengandung Zinc, Vitamin Mineral penting untuk memelihara kesehatan jaringan tubuh, serta dilengkapi dengan Lutein agar kesehatan mata tidak menurun walau terserang diabetes.