Yuk, Waspadai 6 Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung Berikut Ini

Thursday, 26 September 2019

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung bisa diartikan sebagai kondisi di mana seseorang mengalami gangguan atau kelainan pada jantungnya dan terbagi menjadi beberapa jenis, seperti cacat jantung bawaan (sudah ada sejak lahir), aritmia (detak jantung tidak teratur), lemah jantung, jantung koroner (penyempitan arteri koroner pada jantung), dan gagal jantung atau kondisi di mana jantung tidak mampu berfungsi dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tak mengenal usia, penyakit jantung bisa menyerang siapapun, mulai dari anak muda hingga dewasa.

Selama ini, mungkin kebanyakan orang masih mengira bahwa penyakit jantung yang menyerang manusia memiliki gejala yang sama. Nyatanya justru sebaliknya, terdapat perbedaan pada tanda atau gejala awal penyakit jantung yang dialami baik pada pria maupun wanita, dan semua tergantung pada jenis penyakit jantungnya. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan jantung secara rutin sebagai tindakan pencegahan, apalagi jika mengalami beberapa tanda kemungkinan penyakit jantung berikut ini.

Sleep Apnea

Dengkuran saat tidur sering dianggap sebagai tanda bahwa seseorang sedang kelelahan. Namun, nyatanya hal ini patut untuk diwaspadai karena bisa saja menjadi salah satu gejala awal timbulnya penyakit jantung, terutama untuk kaum wanita. Apalagi jika dialami dalam waktu yang lama dan disertai dengan fase berhenti bernapas sebanyak 5 sampai 30 kali selama tidur yang menandakan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Kondisi inilah yang akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras agar aliran darah tetap lancar namun bisa memicu risiko tekanan darah tinggi, irama jantung yang tidak normal, munculnya penyakit stroke, hingga gagal jantung. Segera konsultasikan kondisi seperti ini, karena beruntungnya sleep apnea masih bisa diobati.

Nyeri Dada

Tanda selanjutnya adalah nyeri dada yang datang secara tiba-tiba saat beraktivitas bahkan saat sedang istirahat. Dalam kondisi ini, biasanya dada terasa terbakar (Angina), sesak seperti ditekan atau seperti ditindih benda berat. Gejala ini terjadi akibat otot jantung kekurangan pasokan darah yang kaya akan oksigen dan juga dipicu oleh stres pikiran yang banyak dialami oleh kaum wanita.

Kekuatan Genggam yang Menurun

Menurunnya kekuatan tangan untuk menggenggam juga bisa menandakan bahwa ada kelainan yang terjadi pada jantung manusia. Hal ini terjadi karena otot tubuh kekurangan oksigen akibat aliran darah yang kurang lancar.

Sering Mengalami Pusing

Rasa pusing yang melanda seringkali dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, kamu juga harus waspada karena pusing berkepanjangan juga bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung akibat kurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah dan oksigen ke otak. Pusing kepala ini jugalah yang kemungkinan merupakan tanda seseorang mengalami aritmia atau irama jantung yang tidak normal.

Gusi Berdarah

Gusi sering bengkak, nyeri, bahkan berdarah? Jangan anggap remeh kondisi seperti ini, karena darah yang keluar dari gusi mengandung bakteri yang bisa masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pada jantung manusia.

Sesak Napas

Fungsi jantung yang tidak bekerja secara normal yang membuat aliran darah tidak lancar juga menyebabkan seseorang baik pria maupun wanita mengalami sesak napas saat berbaring, salah satu gejala awal yang sering terjadi bersamaan dengan nyeri dada pada penderita gagal jantung. Meski sesak napas ini akan berkurang ketika duduk dengan posisi tegak, namun tidak ada salahnya untuk mengonsultasikannya pada dokter.

Masih banyak tanda kemungkinan penyakit jantung yang bisa dirasakan, diantaranya adalah seringkali merasa kelelahan, pembengkakan pada kaki, nyeri tubuh, gangguan seksual, dan produksi keringat yang berlebih saat siang dan malam hari meski sedang tidak beraktivitas. Untuk itu, langkah awal yang bisa kamu lakukan saat mengalami beberapa gejala di atas adalah dengan mengonsultasikannya pada dokter dan mulai menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, mengurangi makanan berminyak dan makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah, seperti daging, kuning telur, dan gorengan.

Tak hanya itu, dukung juga pola hidup sehatmu dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio bila perlu, terutama saat mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kandungan Phytosterol di dalamnya mampu memblok kolesterol agar tidak masuk dalam darah, sehingga jantung tetap bisa memompa darah yang kaya akan oksigen dari dan ke seluruh tubuh. Pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan istirahatmu selama 6-8 jam setiap malamnya, ya.

Yuk, jaga kesehatan jantung dan miliki kualitas hidup yang baik dengan mengonsumsi hemaviton Cardio bila perlu secara rutin setiap harinya.