Tips Memaksimalkan Penyerapan Vitamin C dalam Tubuh

Wednesday, 16 June 2021

Vitamin C adalah salah satu asupan yang tidak boleh dilewatkan, khususnya di masa pandemi ini. Namun meski sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C, nyatanya sulit memastikan apakah tubuh kita sudah menyerapnya secara maksimal? Agar kamu lebih yakin kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi, ikuti tips memaksimalkan penyerapan vitamin C dalam tubuh berikut ini!

Kurangi konsumsi kafein

Apakah kamu termasuk orang yang mengonsumsi kafein setiap hari? Jika ya, saatnya kamu berpikir ulang untuk mengubah kebiasaan tersebut. Pasalnya kafein dapat menghambat penyerapan vitamin C dalam tubuh. Minuman yang mengandung kafein dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin sehingga vitamin C yang sudah dikonsumsi sebelumnya lebih mudah larut dan terbuang bersama urin. Kafein juga mempengaruhi fungsi sel lambung dan usus, yang mengakibatkan vitamin C jadi lebih sulit untuk masuk ke aliran darah. Yuk, coba kurangi kebiasaan mengonsumsi kafein.

Kurangi Makanan Tinggi Gula

Di dalam tubuh, vitamin C yang kamu konsumsi akan diproses melewati dinding usus dan diserap pada usus kecil. Nah, ternyata  kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula, maka vitamin C yang diserap oleh tubuh jadi lebih sedikit. Hal ini bisa dihindari dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan memberikan jarak makan antara keduanya setidaknya 30 menit agar penyerapan vitamin C yang lebih maksimal.

Padukan dengan sumber makanan mengandung zinc

Dilansir dari Hello Sehat, salah satu penelitian dalam World Journal of Gastrointestinal Pathophisiology menyebutkan kekurangan zinc bisa memengaruhi sistem pencernaan kita. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, tentu saja penyerapan zat gizi lainnya, termasuk vitamin C, jadi terganggu. Para ahli telah mengaitkan kekurangan zinc dalam taraf sedang (moderate) dengan gangguan penyerapan makanan. Oleh karena itu, selain mengonsumsi vitamin C, jangan lupa memenuhi kebutuhan zinc tubuh dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan zinc. Misalnya saja daging sapi, kacang panjang, kacang polong, bayam, daging ayam atau bebek, serta berbagai macam hidangan laut.

Konsumsi vitamin C secara terukur

Ada banyak makanan dan minuman sumber vitamin C yang bisa kamu dapatkan dan konsumsi setiap hari. Namun ada baiknya jika kamu juga menambahkan suplemen vitamin C setiap harinya. Dengan demikian, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dengan lebih terukur. Misalnya dengan jika kamu minum hemaviton C1000 Serbuk, maka kamu akan mendapatkan manfaat kandungan Vitamin C 1000 mg sekaligus Zinc di dalamnya. Dilengkapi juga dengan vitamin E untuk menangkal radikal bebas, Vitamin B3, B6 & B12 untuk menjaga kondisi tubuh dari kelelahan. Selain praktis, dosis vitamin C dalam hemaviton C1000 Serbuk juga terukur.

Tunggu apa lagi? Dapatkan kesegaran dan manfaat dari hemaviton C1000 Serbuk dengan melakukan pembelian di Indomaret & Alfamidi atau melalui marketplace kesayanganmu. hemaviton C1000 Serbuk juga sudah tersertifikasi halal dan pastinya bisa jadi andalan untuk jaga daya tahan tubuhmu!

Baca Juga: Manfaat Minum hemaviton C1000+Collagen