Tips Diet untuk Menurunkan Kadar Kolesterol, Apa yang Perlu Diubah?

Monday, 18 January 2021

Bolak-balik mencoba berbagai macam diet tetapi kadar kolesterol belum juga turun? Bisa jadi, metode yang kamu gunakan belum tepat. Berikut ini ada 8 tips diet untuk menurunkan kadar kolesterol, apa yang perlu diubah?

1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut Air (Soluble Fiber)

Kacang-kacangan, biji-bijian, legume, gandum utuh, apel, dan buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, dan semacamnya) kaya akan serat larut air. Manusia tidak memiliki enzim yang cukup untuk menghancurkan serat larut air, jadi serat tersebut masuk dalam saluran pencernaan, menyerap air, dan membentuk pasta kental.

Saat bergerak, serat larut air menyerap bile, sebuah zat yang dihasilkan oleh hati Anda untuk membantu mencerna lemak. Pada akhirnya, baik serat dan bile yang menempel akan dieksresikan dalam tinja. Bile terbuat dari kolesterol, jadi ketika hati Anda harus menciptakan lebih banyak bile, kolesterol akan tertarik keluar dari aliran darah, yang menyebabkan penurunan tingkat kolesterol secara alami.

2. Menyantap Banyak Buah dan Sayur

Untuk menurunkan kadar kolesterol dengan diet dapat kamu harus menyantap lebih banyak buah dan sayur. Dilansir dari sehatq.com, studi menunjukkan bawah orang dewasa yang makan setidaknya 4 porsi buah dan sayur setiap harinya dapat menurunkan 6 persen kandungan LDL dalam darah.

3. Memasak dengan Rempah

Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dalam darah jika dimakan secara teratur. Masukkan rempah-rempah lain untuk menurunkan kolesterol ke dalam masakan. Untungnya, makanan Indonesia memang menggunakan banyak rempah untuk menciptakan rasa yang lezat, jadi kamu tinggal pilih saja resep yang kamu suka!

4. Menyantap Makanan dengan Kandungan Lemak Tak Jenuh

Makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, dan ikan mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik dikonsumsi secara teratur. Makanan dengan lemak tak jenuh bisa menurunkan hingga 11% kolesterol jahat dalam 8 minggu. Cukup signifikan ya!

5. Hindari Lemak Trans Buatan

Lemak trans buatan dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga perlu dihindari. Lemak trans sintetis ini biasanya muncul dari konsumsi daging merah dan produk olahan susu. Tetapi kamu masih boleh kok mengonsumsinya, selama tidak berlebihan.

6. Mengurangi Konsumsi Gula

Jika kamu ingin menurunkan kolesterol dengan diet, mengurangi asupan gula adalah ide yang baik. Dengan membatasi asupan gula kamu juga dapat mengontrol kadar gula darah sehingga terhindar dari risiko diabetes.

7. Batasi asupan garam

Membatasi asupan garam ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung yang berkaitan dengan kolesterol. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1 sdt garam setiap harinya.

8. Suplemen penurun kolesterol

Mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio saat makan ternyata cukup efektif membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan kandungan bahan alami Phytosterol 500mg yang mampu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah sehingga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas normal. Serta mengandung multivitamin untuk bantu jaga kesegaran tubuh. Jadi, boleh banget lho, mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur untuk menunjang pola hidup sehat dan bebas kolesterol!