Sering Dianggap Masalah Sepele, Ini Ciri Kerusakan Saraf yang Sering Anda Alami

Wednesday, 19 October 2022

Sadarkah Anda bahwa kondisi kesehatan yang terlihat sepele dan seringkali diabaikan justru bisa menjadi pertanda Anda mengalami penyakit tertentu yang lebih serius? Seperti beberapa ciri kerusakan saraf yang mungkin Anda alami tanpa disadari berikut ini.

 

1. Sering merasa kebas, kesemutan, atau timbul sensasi terbakar

Melansir dari Prevention.com, kondisi ini merupakan tanda awal kerusakan saraf yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang dan biasanya terjadi di bagian tangan, kaki, dan lengan. Rasa kebas atau kesemutan memang akan menghilang dengan sendirinya, namun jika terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter, ya.

 

2. Kehilangan keseimbangan

Ciri kerusakan saraf selanjutnya adalah hilangnya keseimbangan tubuh akibat kurangnya koordinasi saraf di bagian otak. Hal inilah yang akhirnya membuat seseorang akan lebih mudah tersandung atau terjatuh tanpa sebab.

 

3. Sulit menggerakkan tubuh

Kerusakan pada saraf juga bisa menghambat aliran darah ke bagian tubuh tertentu, sehingga membuat Anda sulit menggerakkan tubuh. Jika Anda sering mengalaminya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mencegah penyakit yang lebih serius, seperti stroke.

 

Baca Juga: Neuropati Perifer : Gejala dan Penyebab Sesuai Jenisnya

 

4. Rasa nyeri di salah satu kaki

Rasa nyeri, kesemutan, dan sensasi panas di bagian punggung bawah yang menjalar ke bagian kaki juga bisa menjadi salah satu ciri kerusakan saraf, di mana saraf siatik Anda tertekan atau rusak. Kondisi ini biasanya banyak dipicu oleh cedera (jatuh) atau tulang belakang yang kelelahan.

 

5. Produksi keringat berlebih

Selain menjadi lebih sering buang air kecil, produksi keringat yang berlebih atau sedikit tanpa penyebab yang jelas juga bisa menjadi ciri kerusakan saraf yang mungkin Anda alami. Hal ini terjadi akibat saraf yang membawa informasi dari otak ke kelenjar keringat mengalami gangguan atau kerusakan.

 

6. Respon otak melambat

Ciri selanjutnya adalah melambatnya respon otak akibat saraf sensorik tidak berfungsi, terutama dalam memberi tahu otak saat Anda mengalami hal-hal yang cukup membahayakan, misalnya saat mengalami luka bakar, sayatan, atau saat menyentuh sesuatu yang panas maupun tajam.

 

Penyebab kerusakan saraf pada manusia

Salah satu penyebab kerusakan saraf pada manusia yang paling umum adalah kurangnya asupan vitamin neurotropik dalam kehidupan sehari-hari. Vitamin neurotropik terdiri atas vitamin B1, B6, dan B12. Pada tubuh manusia, vitamin neurotropik merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh saraf agar dapat bekerja dengan maksimal. Berikut ini beberapa manfaat dari kandungan vitamin neurotropik dalam tubuh.

 

  1. Vitamin B1 berperan dalam membantu menyediakan energi bagi sistem saraf.
  2. Vitamin B6 berperan dalam mendukung perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf, dan sistem imun.
  3. Vitamin B12 dibutuhkan untuk produksi myelin yang berfungsi untuk melindungi serat saraf.

 

Oleh karena itu, saat seseorang mengalami kekurangan vitamin neurotropik, maka akan berdampak pada kesehatan sarafnya. Gejala yang paling awal dan sering muncul adalah rasa kesemutan di anggota gerak tubuh seperti, tangan dan kaki. Untuk mengatasinya, coba lakukan tips berikut ini.

 

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B Complex untuk memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh guna menjaga kesehatan saraf, seperti ikan, daging, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan sebagai menu harian.
  2. Mengonsumsi suplemen tambahan untuk mengatasi kekurangan vitamin neurotropik, seperti hemaviton Neuro Forte #PelindungSaraf

 

hemaviton Neuro Forte mengandung kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg yang berperan mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati yang ditunjukkan dengan gejala kesemutan dan kebas yang terjadi berulangkali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum 1 kaplet sehari sesudah makan secara rutin setiap harinya, ya. Yuk segera lengkapi persediaan hemaviton Neuro Forte di rumah dengan cara membelinya di apotek & toko obat terdekat!

 

Artikel Lainnya: Perlukah Mengisi Perut dengan Makanan Sebelum Minum hemaviton C 1000 TOTAL CARE?