Penting, Ini Penyebab Nyeri Sendi yang Jarang Orang Ketahui

Saturday, 25 January 2020

Nyeri sendi memang sering dialami banyak orang, namun tidak semua orang tahu apa penyebab sebenarnya dari nyeri sendi yang mereka alami. Kebanyakan ‘hanya’ menganggapnya sebagai nyeri akibat kelelahan biasa atau sesuatu yang wajar akibat bertambahnya usia. Padahal, bisa saja ada penyebab lain yang memicu munculnya nyeri sendi yang Anda rasakan. Nah coba perhatikan, apakah Anda mengalami hal-hal berikut ini sebelum merasakan keluhan nyeri sendi?

Cuaca dingin

Nyeri sendi memang bisa datang kapan saja, namun ternyata berdasarkan Sebuah studi tahun 2015 terhadap 810 orang dengan osteoarthritis (OA) yang diterbitkan dalam Journal of Rheumatology menemukan hubungan yang signifikan antara kelembapan, suhu dan nyeri sendi. Efek kelembapan pada rasa sakit lebih kuat ketika cuaca lebih dingin. Itu sebabnya sangat lumrah bila di musim hujan Anda merasa sendi-sendi lebih sering terasa sakit. Keluhan yang sama juga terjadi saat Anda berlibur ke daerah bercuaca dingin.

Olahraga berlebihan

Anda mungkin menganggap olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan dan dapat memperkuat tubuh. Namun jika terlalu diforsir, tubuh—termasuk persendian justru akan merasa ‘stres’. Olehkarena itu, berolahragalah sesuai dengan kemampuan Anda. Tidak perlu memaksakan diri. Kesanggupan durasi olahraga pada setiap orang pada dasarnya berbeda-beda tergantung kondisi tubuhnya. Namun jika Anda melakukan olahraga berat seperti lari dan angkat beban, lakukan maksimal 75 menit seminggu. Jika olahraga yang Anda lakukan ringan hingga sedang seperti berjalan kaki, Anda bisa lakukan 150 menit seminggu. Kecuali Anda sudah terbiasa atau di bawah pengawasan trainer profesional jangan lakukan olahraga yang berlebihan.Untuk jenis olahraga, Anda bisa coba jalan kaki, berenang, atau pilates untuk meminimalisir kemungkinan nyeri sendi.

Posisi tubuh yang salah

Posisi tubuh Anda sehari-hari ternyata bisa saja menjadi sumber masalah nyeri sendi yang Anda alami. Misalnya saja, sendi pergelangan tangan yang nyeri akibat terlalu lama mengetik, atau sendi lutut yang nyeri akibat duduk dengan posisi menyilangkan kaki.Kebiasaan sehari-hari inilah yang tanpa sadar memicu rasa nyeri pada persendian.

Kelebihan Berat Badan

Dilansir dari halodoc, sendi berfungsi untuk menopang beban tubuh. Semakin banyak beban yang harus dibawa, semakin sulit sendi bekerja dengan baik. Perubahan kecil dalam berat badan bahkan dapat memengaruhi sendi secara signifikan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami nyeri sendi. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal untuk menghindari masalah nyeri sendi.

Osteoarthritis

Nyeri sendi yang Anda alami bisa saja merupakan proses bertahap di mana kerusakan tulang rawan memburuk dari waktu ke waktu. Proses kerusakan tulang rawan ini dikenal juga dengan Osteoarthritis. Cara untuk meminimalisir osteoarthritis adalah dengan tetap aktif dan menjaga berat badan yang sehat dapat memperlambat perkembangan tersebut.

Apapun penyebab nyeri sendi yang Anda alami, keluhan ini tetap harus diatasi. Salah satu caranya adalah dengan memelaan esehaantulan. Suplemen seperti hemaviton JointCare MAX dengan kandungan Omega 3 misalnya, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, hemaviton JointCare MAX juga dilengkapi dengan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM yang akan mencegah Osteoarthritis sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan leluasa. hemaviton JointCare MAX telah mendapat sertifikasi HALAL dari MUI.