Cara Merawat Tulang dan Sendi yang Pernah Mengalami Cedera

Friday, 02 October 2020

Pernah mengalami cedera tulang dan sendi? Ringan atau berat, pasti rasanya sangat mengganggu, bukan? Tidak hanya itu, perawatan tulang dan sendi yang pernah mengalami cedera pun harus lebih diperhatikan agar sembuh secara optimal dan tidak mengalami nyeri berulang. Berikut ini adalah 4 cara merawat tulang dan sendi yang pernah mengalami cedera!

Wajib menjaga bobot tubuh ideal

Tidak ada kompromi bagi kamu yang pernah mengalami cedera tulang dan sendi, menjaga bobot tubuh ideal aalah keharusan. Dilansir dari alodokter, kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada persendian melebihi kapasitas normal. Akibatnya, persendian menjadi lemah dan rusak, terutama pada persendian yang menahan berat badan seperti lutut, pinggul, dan punggung. Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi terulang kembali.

Aktif secara wajar

Kurang gerak membuat sendi menjadi kaku. Banyak bergerak dan rutin olahraga membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Hal ini juga berlaku meskipun tulang dan sendimu pernah mengalami cedera. Jangan malas bergerak, justru teta aktif bergerk adalah cara tercepat untuk mebuat fngsi tulang dan sendi pulih kembali, tentunya setelah dokter mengizinkan ya!

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat beraktivitas adalah; Memakai alat pelindung (helm, bantalan lutut, siku, pergelangan tangan) agar sendi terhindar dari luka atau cedera ketika bersepeda, mengendarai motor, memakai sepatu roda, dan berbagai aktivitas berisiko lainnya, serta melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Pemanasan dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan persendian serta melemaskan gerakan sendi sehingga mencegah sendi terkikis, sekaligus mencegah kram otot. Terakhir, sesuaikan dengan kapasitas diri. Terlalu sering atau berolahraga terlalu berat justru dapat merusak persendian.

Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Persendian

Tahukah kamu jenis makanan apa saja yang baik untuk persendian? Pertama adalah, buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti ceri,  blueberry, blackberry, delima, paprika, jeruk, tomat, brokoli, pakcoy, bayam, dan nanas. Kedua, makanan kaya kalsium dan vitamin D, seperti susu dan ikan salmon atau sarden. Kemudian jenis makanan yang dapat mencegah atau mengurangi inflamasi (peradangan) seperti oatmeal, kunyit, dan kacang walnut. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, garam, alkohol, dan gula.

Suplemen sendi

Jangan remehkan manfaat dari konsumsi rutin suplemen sendi. hemaviton JointCare MAX misalnya, yang hadir untuk menjaga kesehatan persendianmu sedari dini. Di dalamnya mengandung Formula Joint support yaitu Glucosamine, Chondroitin, MSM dan Omega 3 yang  dapat menjaga sendi tetap fleksibel dam tulang rawan tetap sehat sehingga tidak mudah nyeri. Dengan hemaviton JointCare MAX, kamu bisa terus aktif hingga tua nanti!