Cara Jaga Kesehatan Jantung

Wednesday, 15 January 2020

Masalah kesehatan jantung kini bukan lagi ‘penyakitnya’ orang berusia lanjut, tetapi juga kita yang masih berada di usia produktif. Ya, penderta jantung di usia mudah belakangan semakin bertambah. Dilansir dari lifestyle.kompas.com Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013 menyebutkan, di Indonesia, penyakit jantung koroner mencapai angka 12,1% dari populasi. Bahkan, penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia kurang dari 44 tahun. Sebanyak 22% dari penderita jantung usia muda itu ada di kisaran 15–35 tahun. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kamu mulai memperhatikan kesehatan jantung terlepas dari berapapun usiamu saat ini. Mungkin kamu bisa mulai menjaga kesehatan jantung dengan cara berikut ini!

Stop merokok

Anda mungkn bosan mendengar saran ini, tetapi percayalah, menghentikan kebiasaan merokok adalah cara paling efektif untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berhenti merokok bukanlah pilihan, tetapi keharusan. Berhenti merokok akan menciptakan perbedaan besar bagi tubuh kamu, bukan hanya jantung, tetapi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan akan membaik.

Cek bagian perut...

Perhatikan bagian perutmu. Penelitian dalam Journal of American College of Cardiology telah mengaitkan kelebihan lemak perut dengan tekanan darah tinggi dan kadar lemak darah yang tidak sehat. Jika kamu memiliki lemak ekstra di sekitar perut, inilah saatnya untuk berusaha jadi lebih langsing. Makan lebih sedikit kalori dan berolahraga lebih banyak dapat membuat perbedaan signifikan.

Ganti sumber protein hewani dengan ikan

Protein hewani tetap penting dan dibutuhkan tubuh. Namun kamu bisa coba beralih mengonsumsi ikan dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu menangkal penyakit jantung. Banyak ikan, seperti salmon, tuna, sarden, dan herring, adalah sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Cobalah makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

Perbanyak tertawa

Dilansir dari Healthline, penelitian yang dilakukan oleh American Heart Assoiation (AHA) menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan di pembuluh darah Anda, dan meningkatkan kadar lipoprotein berkepadatan tinggi (HDL), yang juga dikenal sebagai "kolesterol baik." Lakukan kegiatan yang bisa membuat Anda tertawa—bercanda dengan teman, menonton film komedi, atau scrolling meme lucu di media sosial, atau apapun yang membuat Anda bahagia.

Mengeliminasi garam

Mengurangi asupan garam menjadi hanya setengah sendok teh per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, demikian menurut peneliti dalan New England Journal of Medicine. Makanan olahan dan olahan restoran cenderung mengandung banyak garam. Jadi pikirkan dua kali sebelum mengisi peurt dengan makanan cepat saji favoritmu.

Pantau ‘angka’ tubuh Anda

Menjaga berat badan, tekanan dan gula darah, kadar kolesterol, dan trigliserida (kadar lemak dalam darah) tetap penting untuk kesehatan jantung yang baik. Pelajari level optimal untuk jenis kelamin dan usiamu dengan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Ambil langkah-langkah untuk mencapai dan mempertahankan level tersebut misal dengan menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Selain tips di atas, jangan lupa untuk menambahkan suplemen untuk menjaga kesehatan jantungmu. hemaviton Cardio mengandung Phytosterol 500 mg yang mampu membantu memblok kolesterol yang masuk melalui makanan sebelum masuk ke dalam darah. Tak hanya itu, vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam hemaviton Cardio juga mampu membantu mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Mulai hidup sehat dari sekarang demi jantung sehat di masa depan!