Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga

Saturday, 11 August 2018

Mandi sesudah berolahraga? Pasti kegiatan satu ini bisa membuat tubuhmu lebih segar. Setelah itu, jika kamu hendak beristirahat rasanya pun lebih nyaman setelah membersihkan diri dari keringat dan kotoran lainnya. Namun bagaimanakah kebiasaan mandimu selama ini, apakah menggunakan air dingin atau air hangat? Meskipun mandi air hangat memang bisa merelaksasi ketegangan otot, ternyata mandi air dingin juga banyak manfaatnya lho. Jika belum tahu, simak saja informasi berikut ini.

Mempercepat pemulihan

Setelah berolahraga, cobalah untuk membantu mengurangi peradangan otot, persendian, dan tendon. Air dingin secara lokal memperlambat laju aliran darah, mengurangi peradangan, kaku otot dan sendi – sehingga akhirnya dapat mengurangi rasa sakit

Mengurangi risiko asam urat

Sebuah penelitian melibatkan 10 orang sehat yang diuji untuk berenang secara teratur di air dingin selama musim dingin. Setelah terpapar air dingin, para peneliti mencatat adanya penurunan kadar asam urat yang cukup signifikan. Ketika kadar asam urat Anda melebihi sekitar 5,5 mg per desiliter, kamu memiliki peningkatan risiko untuk sejumlah penyakit termasuk penyakit jantung, hati berlemak, obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit ginjal dan banyak lagi. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba mandi berendam dengan menggunakan air dingin.

Membakar lemak tubuh

Terapi mandi dingin dapat membantu meningkatkan kemampuan membakar lemak tubuhmu. Dengan memaparkan diri pada suhu yang dingin—seperti pada saat mandi dengan air dingin—maka lemak cokelat dalam tubuhmu diaktifkan. Seperti dilansir dari fitness.mercola.com, lemak coklat adalah jenis lemak yang menghasilkan panas yang membakar energi daripada menyimpannya, sifatnya lebih seperti otot daripada lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak coklat dapat diaktifkan untuk membakar lebih banyak lemak dengan mendinginkan tubuh. Peran lemak cokelat dapat meningkatkan potensi pembakaran lemak hingga 300%.

Membuat tubuh lebih segar

Jika yang kamu inginkan setelah berolahara adalah efek relaksasi, maka mandi dengan air hangat memang cara yang tepat untuk mendapatkannya. Namun, jika setelah berolahraga kamu ingin langsung kembali segar dan melanjutkan aktivitas lainnya, maka cobalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin cenderung dapat mengembalikan kesegaran dengan cepat apalagi jika ditambah dengan suplemen kesehatan yang bisa membantu menambah tenaga agar tubuh tidak mudah lelah.

Kamu bisa mengonsumsi hemaviton Action. Kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral membantu metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi dalam menjaga stamina, menambah tenaga dan kesegaran sehingga tubuh tetap fit sepanjang hari. Minum 1 kapsul tiap hari agar tubuh segar bertenaga dan Siap Action tiap hari.