Makanan Berkolesterol yang Sulit Kamu Tolak

Wednesday, 23 November 2016

Hidup sehat? Pasti semua orang ingin. Namun nyatanya, menerapkan pola hidup sehat tidaklah mudah. Apalagi jika sudah berkaitan dengan makanan lezat. Susah banget menghindari ajakan makan makanan lezat, meskipun kamu tahu bahwa makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi. Tidak heran sih, karena kebanyakan makanan lezat memang memiliki kolesterol tinggi. Contohnya adalah makanan-makanan di bawah ini.

Sate dan sop kambing
Daging kambing diketahui memiliki kadar kolesterol yang tinggi yakni mencapai 75mg per 100g porsi setiap makanan. Belum lagi jika kamu gemar mengonsumsi bagian jeroan yang memang kadar kolesterolnya lebih tinggi lagi. Meskipun sudah tahu tingkat kolesterolnya, pesona sate dan sop kambing memang sulit dilewatkan. Bayangkan saja nikmatnya sate kambing dengan bumbu kecap yang manis dan gurih, begitu pula sup kambing yang menggunakan santan dan minyak samin. Hmm! Nggak kuat deh untuk menolaknya.

Martabak
Baik martabak manis ataupun martabak telur, semuanya memiliki kolesterol yang sangat tinggi. Pasalnya martabak mengandung telur yang bagian kuningnya saja mengandung hingga 1085mg per 100g porsi setiap makanan. Bayangkan berapa banyak telur yang digunakan untuk membuat sekotak martabak!. Belum lagi, martabak diproses dengan cara digoreng dengan minyak, menggunakan mentega, isiannya manis seperti cokelat dan keju, serta susu kental manis. Namun kelezatan rasanya memang luar biasa, sampai-sampai kamu tidak sanggup melewatkannya!

Nasi Padang
Siapa sih yang tidak menyukai nasi padang? Selain rasanya yang lezat, porsinya yang besar benar-benar bikin kenyang! Namun sayangnya, makanan satu ini juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi hampir di semua menunya. Alasannya karena masakan padang dimasak dengan menggunakan santan yang banyak. Ragam menunya juga cukup berbahaya, mulai dari cincang daging kambing, gulai otak sapi, dan gulai tunjang, dan masih banyak lagi. Memang enak sih, tetapi nggak sehat banget ya, ternyata?

Bebek Goreng
Bebek goreng, ternyata juga bisa jadi penyebab kolesterol nih. Apalagi bebek goreng dimasak dengan minyak panas yang banyak hingga kering dan meresap ke dalam dagingnya. Daging bebek saja (tanpa kulit) sudah mengandung kolesterol sebesar 143mg per 100g porsi setiap makanan. Padahal kalau kamu membelinya di restoran, bebek tak mungkin disajikan tanpa kulitnya yang gurih, bukan?

Seafood
Makanan laut memang punya segudang manfaat kesehatan. Namun saat berbagai variasi seafood dimakan bersamaan dan dalam jumlah banyak, efeknya bisa gawat juga lho. Sebut saja, cumi-cumi, udang, kepiting rajungan, dan kerang. Semuanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Apalagi kalau kamu memesannya di restoran seafood, pasti nggak cukup satu macam, bukan?

Duh, seram juga ya, setelah mengetahui bahwa makanan favorit kita ternyata memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Namun jika ingin hidup lebih sehat, kamu harus berani menolak dan berkata tidak saat diajak makan menu tersebut. Pertimbangkan saja baik-buruknya untuk kondisi kesehatanmu (baca artikel: Diajak Makan Menu Tak Sehat: terima atau Tolak?). Kamulah yang harus bisa mengontrol dan tahu batasan dirimu sendiri. Tidak kalah penting, konsumsilah hemaviton Cardio terlebih dahulu atau saat makan, agar kadar kolesterol yang masuk dalam tubuh di BLOCK dan tidak menumpuk di pembuluh darah. Makan pun terasa lebih nyaman dan aman dari kolesterol!