Hati-hati Penyakit Jantung Kalau Punya Golongan Darah Ini

Thursday, 08 June 2017

Apa saja faktor risiko Penyakit Jantung yang Anda ketahui? Terlalu banyak makan makanan berkolesterol, banyak merokok, dan kegemukan, adalah sebagian faktor risiko yang mungkin Anda ketahui. Tetapi hasil penelitian menyebutkan bahwa golongan darah seseorang juga memiliki pengaruh terhadap tingkat risiko penyakit jantung.

Mereka yang memiliki golongan darah A, B, dan AB memiliki risiko penyakit jantung dan stroke sedikit lebih tinggi dibanding kelompok orang yang bergolongan darah O. Para ilmuwan menyatakan, hal ini kemungkinan terjadi karena tingkat pembekuan protein dalam darah pada kelompok golongan darah selain O lebih tinggi.

Studi dari University Medical Center Groningen di Belanda, mengatakan kelompok darah harus dipertimbangkan di masa depan sebagai bagian dari penilaian risiko dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Empat belas dari 1000 orang yang memiliki golongan darah O mengalami serangan jantung. Sementara untuk mereka yang bergolongan darah non-O jumlahnya 15. Memang jika dilihat dalam level individu, hal ini tidak signifikan, tetapi hal ini penting di dalam populasi.

Kendati golongan darah ternyata memiliki peranan, namun hal yang paling penting untuk menghindari penyakit kardiovaskular adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat, olahraga yang cukup, serta berhenti merokok. Sebab pola hidup yang sehat berperan penting untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh usia, genetika (riwayat keluarga dan etnis) dan faktor risiko lainnya yang dapat dimodifikasi termasuk diet, berat badan, tingkat aktivitas fisik, merokok, tekanan darah, kolesterol dan diabetes terlepas dari apapun golongan darah Anda.