8 Tips Sarapan Sehat untuk Diabetes

Thursday, 01 February 2018

Banyak orang yang merasa baik-baik saja tanpa terbiasa makan di pagi hari. Namun tidak demikian bagi para penderita diabetes. Sarapan pagi dengan menu rendah gula ternyata sangat penting untuk mencegah timbulnya blood sugar spike alias lonjakan gula darah.

Blood sugar spike bisa terjadi bila penderita diabetes mengonsumsi karbohidrat / gula lagi setelah berjam-jam puasa dari zat tersebut. Setelah jeda puasa yang cukup panjang saat tidur malam, kondisi gula darah dalam tubuh akan cenderung rendah di pagi hari. Kemudian sepanjang pagi hingga siang hari ketika tubuh mengolah kadar gula untuk bahan bakar metabolisme, perlahan gula darah akan semakin turun jika tidak dibantu dengan sarapan. Jika gula darah sudah tidak bisa menopang kebutuhan energi maka tubuh akan mengambil cadangan energi dari lemak yang tersimpan. Begitu datang jam makan siang, biasanya kita sudah terlanjut kelaparan. Ujungnya malah jadi makan berlebihan, dengan menu sarat karbohidrat disertai minuman manis. Akhirnya kadar gula darah kita yang tadinya rendah akan meningkat tajam secara tiba-tiba. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, kebiasaan ini sangat buruk karena lonjakan naik turunnya gula yang tidak stabil adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 2.

Untuk mengelola kadar gula darah yang tetap terkontrol, jangan lupa lakukan 8 trik simpel ini untuk sarapan lebih sehat :

1. Pilih makanan yang rendah kandungan karbohidrat dan gulanya agar gula darah anda tetap stabil. Jika Anda hobi minum kopi, misalnya, ganti gula pasir dengan pemanis buatan yang aman dan tak mempengaruhi kadar gula darah Anda.

2. Pastikan menu makan Anda kaya dengan serat. Anda bisa memilih nasi merah sebagai pengganti nasi putih, oatmeal atau havermut, roti gandum, low fat greek yogurt. Jangan lupa kombinasikan dengan buah dan sayur.

3. Anda boleh konsumsi telur rebus terutama bagian putihnya yang berfungsi sebagai sumber protein sekaligus memperlambat penyerapan glukosa

4. Usahakan untuk makan buah tanpa di jus terlebih dulu. Cari buah yang tidak terlalu banyak kandungan gulanya, seperti jambu, kiwi, jeruk, pir dan apple. Sebaliknya hindari buah manis seperti mangga atau anggur.

5. Pilihlah jenis kacang-kacangan yang tumbuh di pohon alias tree nuts seperti almond dan walnut.

6. Hindari makanan dari kemasan yang merupakan hasil olahan pabrik seperti sosis, makanan kalengan, dan sebagainya.

7. Pilihlah makanan yang bisa memberikan Anda energi tanpa membuat Anda lapar lagi dan mencari-cari snack sampai waktu makan siang tiba.

8. Jangan lupa minum suplemen penstabil kadar gula darah seperti hemaviton GluCare. Selain mengandung Zinc, Lutein, serta Vitamin dan Mineral esensial untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, hemaviton GluCare juga memiliki formulasi tepat untuk membantu menjaga gula darah. Ini karena hemaviton GluCare mengandung Chromium Nicotinate yang membantu kerja sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin, sehingga jaringan tubuh dapat menyerap gula darah dan mengubahnya menjadi energi. Anda tak perlu khawatir lagi jika tak sengaja makan cemilan manis saat sarapan!