5 Jenis Olahraga Ringan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Wednesday, 02 November 2022

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Sebab, dengan berolahraga secara rutin dan tidak berlebihan ternyata mampu meningkatkan sistem imunitas untuk melawan risiko penyakit. Nah, jika selama ini kamu belum terbiasa untuk berolahraga, maka beberapa jenis olahraga ringan berikut ini bisa menjadi solusi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima setiap harinya.

 

1. Jalan santai

Sebagai pemula, penting untuk memahami kemampuan tubuh saat memilih jenis olahraga yang akan digeluti. Sebagai permulaan, aktivitas fisik yang bisa kamu coba adalah jalan santai selama kurang lebih 45 menit setiap harinya. Meski terlihat sepele, namun cara ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membakar kalori tubuh dengan cepat, loh!

2. Jogging

Jika dengan jalan santai saja masih belum puas, jenis olahraga lain yang bisa kamu coba untuk menjaga daya tahan tubuh adalah jogging atau lari. Dilansir dari Tempo.com, aktivitas seperti jalan cepat atau berlari dipercaya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan organ jantung agar dapat melakukan fungsinya secara maksimal. Namun, pastikan lakukan olahraga ini dengan teknik yang benar agar tidak cedera dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

3. Bersepeda

Kalau kamu perhatikan dengan baik, saat ini olahraga bersepeda kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Tak hanya menyenangkan, ternyata jenis olahraga yang satu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, lho. Kamu bisa melakukannya setiap pagi ataupun sore hari, terutama saat akhir pekan dengan berkeliling kompleks atau gelanggang olahraga.

Baca Juga: Selain Menjaga Daya Tahan Tubuh, Ini Dia Manfaat Minum Vitamin C Sebelum Olahraga!

4. Berenang

Melansir dari Suara.com, berenang selama 30 menit secara rutin setiap harinya dipercaya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung koroner terutama pada kaum wanita. Tak hanya itu, rutinitas ini juga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL) dan melatih kekuatan otot jantung, sehingga mampu memompa darah dengan lebih maksimal. Dengan begini, maka distribusi oksigen ke seluruh tubuh jadi lebih lancar, deh!

5. Latihan angkat beban

Saat mendengar kata angkat beban, hal yang langsung muncul pertama kali dalam pikiran biasanya adalah olahraga dengan beban sangat berat yang biasa digunakan oleh para atlet. Namun jangan salah, tak melulu harus menggunakan alat berat, dalam praktiknya aktivitas ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berat tubuh kita sendiri, loh. Misalnya melakukan gerakan push up, squat, lunges, plank, dan jumping jacks. Tujuan dari latihan beban adalah meningkatkan massa otot dan membuatnya jadi lebih kuat sehingga daya tahan tubuh juga lebih prima.

Nah, agar usaha menjaga daya tahan tubuh kamu dengan melakukan beberapa olahraga ringan di atas mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh melalui makanan bergizi dan juga suplemen tambahan seperti hemaviton C 1000 TOTAL CARE setiap harinya.

Selain mengandung Buffered Vitamin C 1000 mg, hemaviton C1000 TOTAL CARE juga diperkaya dengan vitamin D3 dan Zinc yang bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Jika kebetulan kamu sedang menjalani pola hidup sehat dan mengurangi konsumsi gula, saat ini juga tersedia hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar dengan pemanis Stevia yang lebih rendah gula dan kalori.

Yuk, mulai hidup sehat dengan berolahraga dan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE sekali sehari untuk menjaga daya tahan tubuh agar terbebas dari penyakit!

Artikel Lainnya: Badan Drop Setelah Liburan? Atasi dengan Trik Menjaga Kesehatan dan Tingkatkan Stamina Berikut Ini!