5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Setelah Menerima Vaksin Booster

Thursday, 10 March 2022

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan kapan saja, termasuk sebelum, selama, hingga setelah menerima suntikan vaksin booster. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri dan mengurangi risiko munculnya efek samping setelah vaksin (KIPI), serta membantu meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Lantas, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh setelah menerima vaksin booster, ya?

Cara menjaga daya tahan tubuh setelah menerima vaksin

Meski sudah mendapatkan vaksin booster, hal ini tidak lantas membuat kita kebal terhadap virus atau bebas dari virus penyebab penyakit, dalam hal ini adalah COVID-19. Pasalnya, vaksin yang diberikan merupakan usaha untuk mengurangi risiko gejala yang cukup parah saat terinfeksi virus di kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar vaksin booster dapat bekerja dengan efektif dan meningkatkan sistem imun dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Istirahat cukup

Untuk menghindari kemungkinan efek samping yang akan muncul setelah menerima vaksin, sebaiknya manfaatkan waktu untuk beristirahat di rumah dan mengamati kondisi secara berkala. Umumnya, seseorang akan mengalami beberapa kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) seperti demam,badan pegal linu, sakit kepala, lemas, mengantuk, bahkan lapar setelah vaksin. Bila perlu, ajukan cuti agar Anda bisa istirahat dengan lebih leluasa sambil menunggu kondisi tubuh pulih sempurna.

  1. Menghindari konsumsi alkohol

Cara menjaga daya tahan tubuh setelah menerima vaksin selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Pasalnya, alkohol bisa memengaruhi kinerja dan efektivitas vaksin serta memicu timbulnya alergi.

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Jaga juga daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh ternutrisi dengan baik, misalnya dengan mengonsumsi sayuran, menghindari makanan cepat saji dan makanan berlemak, serta menghindari makanan tinggi gula yang mampu menurunkan imun tubuh.

Baca Juga: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan 4 Ide Bekal Sehat Berikut

  1. Olahraga sesuai kemampuan tubuh

Olahraga memang menjadi cara menjaga daya tahan tubuh yang paling manjur. Namun, jika Anda ingin berolahraga setelah menerima vaksin, pastikan lakukan jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh, ya. Lakukan olahraga setidaknya dua jam setelan vaksin, setelah itu hindari mandi menggunakan air hangat setelahnya.

  1. Minum vitamin dan suplemen tambahan

Tak cukup hanya dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan agar tubuh dapat beradaptasi ketika harus menghadapi efek samping setelah menerima vaksin booster. Sebagai pilihannya, minum hemaviton C1000 TOTAL CARE dengan kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc yang bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Kandungan Buffered Vitamin C, lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Keluarga yang Sedang Isoman

hemaviton C1000 TOTAL CARE juga tersedia dalam variant Less Sugar mengandung lebih rendah gula dan kalori, serta mengandung pemanis alami Stevia.

Buat kamu yang sudah berencana untuk melakukan vaksin booster, jangan lupa siapkan persediaan hemaviton C1000 TOTAL CARE di rumah dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu sekarang juga, ya! Boost Immune, Stay Fit!