5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Menjelang Mudik

Monday, 27 June 2016

Menjelang mudik, daya tahan tubuh saat puasa pastinya makin penting buat dijaga sebaik mungkin. Sayang banget kan kalau kamu harus batal puasa saat mudik hanya gara-gara sakit ringan seperti batuk atau pilek? Walaupun nggak sampai batal pun, puasa dengan disertai batuk saja tantangannya pasti lebih berat. Bayangkan tenggorokan seret tapi kamu nggak bisa minum untuk meredakannya. Yuk jaga daya tahan tubuh dengan cara di bawah ini:

1. Tambahkan sayur dalam menu berbuka dan sahur
Sayuran segar berwarna hijau gelap penuh dengan vitamin dan mineral yang baik untuk daya tahan tubuhmu. Jika kamu biasa berbuka puasa dengan gorengan, coba deh ganti menu dengan sup ayam dan sayuran hangat yang bisa pulihkan kebutuhan gizi dan airmu. Serat dari sayur juga baik untuk melancarkan pencernaan bagi perutmu yang kosong setelah seharian berpuasa.

2. Perbanyak minum air
Pastikan kamu minum minimal 8 gelas air sedikit-sedikit sepanjang waktu berbuka hingga waktunya imsak. Minum air di sini jangan kamu gantikan dengan minum es buah atau kolak saja ya. Karena kadar air dari minuman yang kental tentu lebih sedikit dengan air murni. Konsumsi juga hemaviton C1000 +Collagen untuk menjaga daya tahan tubuh dan kecantikan kulitmu selama berpuasa.

3. Makan buah segar saat berbuka

Banyak alasan mengapa kurma sangat identik dengan bulan Ramadan. Buah ini memiliki kadar karbohidrat, mineral dan indeks glikemik yang baik untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa. Untuk menambah tenaga menjelang mudik, konsumsi 2-3 buah kurma sehari diselingi variasi buah-buahan lain.

4. Siapkan makanan ringan
Saat perjalanan mudik, kamu perlu menambah tenaga dan menjaga asupan gizi dengan makanan kecil di malam hari. Kamu bisa membeli dan menyimpan serealia, roti gandum, dan kacang-kacangan seperti walnut, hazelnut, dan kacang polong untuk dicemil kapan saja. Tambahkan juga yoghurt yang baik untuk bantu pencernaanmu.

5. Tetap aktif
Jika aktivitasmu melamban saat puasa, kamu perlu sedikit memperbaikinya menjelang mudik. Kegiatan mudik memang butuh energi ekstra, jadi persiapkanlah fisikmu dengan berolahraga ringan seperti jalan cepat setelah berbuka puasa atau push up – sit up sebelum sahur.