5 Camilan Sehat Sahabat Jantung

Tuesday, 21 February 2017

Siapa bilang hidup sehat membuat Anda tidak boleh ngemil? Nyatanya, beberapa jenis camilan berikut ini bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi juga bisa membuat jantung Anda sehat.

Dark Chocolate

Para peneliti menemukan bahwa memakan cokelat hitam dalam takaran sedang secara konsisten dapat membantu mengencerkan darah yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.Alasannya, cokelat hitam kaya akan kandungan flavanoid. Selain itu senyawa dalam epicatechin dalam cokelat dapat meningkatkan nitrat oksida, yang terbukti penting untuk kesehatan pembuluh darah. Idealnya pilihlah cokelat yang mengandung 70% cocoa murni.

Yogurt

Penelitian menunjukkan yogurt mencegah munculnya penyakit gusi. Peneliti dari Jepang juga menganalisa 1.000 orang dewasa dan menemukan mereka yang mengonsumsi yogurt dalam jumlah lebih tinggi memiliki gusi lebih sehat. Di Amerika, orang-orang dengan penyakit gusi memengaruhi memiliki kemungkinan dua kali lipat lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Apel

Apel—seperti dilansir Women’s Health Study di Iowa—memengaruhi rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular. Penelitian ini melibatkan 34.000 wanita selama 20 tahun. Sementara peneliti di Finlandia menemukan bahwa sering pemakan apel mengurangi risiko stroke dibandingkan dengan pemakan buah selain apel. Kesimpulan ini didapat  setelah mempelajari data diet yang dikumpulkan selama 28 tahun dari 9208 pria dan wanita. Para peneliti percaya bahwa flavonoid antioksidan yang ditemukan dalam apel seperti quercetin, epicatechin, kaempferol dan lainnya, berperan mencegah kolesterol "jahat" yang mengakibatkan penumpukan plak di arteri, serta menghambat peradangan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan kacang-kacangan seperti walnut, pecans, almond, hazelnut, pistachio, dan kacang  dua sampai empat hari per minggu memiliki risiko penyakin jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memakannya. Pastikan kamu mengolahnya dengan cara dipanggang, jangan digoreng ya!

Kismis

Kismis dapat membantu melindungi kesehatan gusi Anda dan hati Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi pertumbuhan jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Seperti disebutkan sebelumnya, gusi yang sehat dapat membantu Anda menghindari penyakit jantung.