Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantungmu Rabu, 27 September 2017

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantungmu

Olahraga yoga dikenal sebagai olahraga yang penuh ketenangan. Siapa sangka bahwa yoga juga punya banyak manfaat baik untuk kesehatan jantung kita. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa kamu harus mencoba yoga jika ingin punya jantung yang lebih sehat!

Bikin lebih aktif

Ketidakaktifan fisik adalah faktor risiko yang dpat menyebabkan penyakit jantung. Sebaliknya penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang  telah mencoba yoga cenderung menjadi lebih aktif dan rutin melakukan aktivitas kebugaran lainnya yang berkhasiat melindungi jantung. Sebuah studi yang pada tahun 2012 di Alternative Therapies in Health and Medicine menemukan bahwa peserta yang sebelumnya tidak aktif namun mencoba mengikuti kelas yoga dua kali seminggu selama 10 minggu lebih cenderung tetap aktif secara fisik untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Meredakan stres

Walaupun stres tidak secara langsung menyebabkan penyakit jantung, namun ternyata stres dapat memicu kebiasaan buruk yang berakibat meningkatnya risiko penyakit jantung. Misalnya saja merokok, makan berlebih, dan tekanan darah tinggi. Sementara yoga justru dapat mengurangi stres. Sebab, gerakan yoga selalu mengajarkan bagaimana mengatur pernapasan, hal tersebut berperan sebagai teknik penghilang stres.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut kajian penelitian terbiatan American Journal of Hypertension pada tahun 2014, yoga ternyata juga berperan dalam mengelola hipertensi. Mereka yang berpartisipasi dalam yoga rutin selama setidaknya delapan minggu terlihat mengalami sedikit penurunan tekanan darah. Kombinasi antara peningkatan kebugaran fisik dan pengurangan stres diperkirakan menjadi alasannya.

Menenangkan detak Jantung

Atrial fibrillation adalah ritme jantung abnormal yang ditandai dengan detak jantung yang cepat dan tidak teratur sehingga dapat menyebabkan stroke dan komplikasi lainnya. Menurut studi kecil yang diterbitkan pada bulan Maret 2013 di Journal of American College of Cardiology, 49 peserta yang memiliki atrial fibrillation kemudian berlatih yoga mengalami penurunan jumlah episode hingga setengahnya dibandingkan sebelum mereka mulai berlatih yoga. Walaupun perlu lebih banyak penelitian untuk membuktikan cara ini sebagai metode pengobatan, namun cara ini layak dicoba untuk membuat detak jantung Anda lebih tenang dan teratur.

Meningkatkan motivasi bersosialisasi

Orang yang mengalami serangan jantung atau masalah kesehatan kardio lainnya, tak jarang mengalami depresi dan cenderung mengisolasi kehidupan sosial mereka. Namun berpartisipasi dalam kelas yoga membuat seseorang bisa merasa nyaman berinteraksi dalam komunitas sehingga membantu menghilangkan perasaan depresi dan keterasingan. Alasannya, komunitas kelas yoga pada umumnya menyediakan lingkungan yang aman dan memungkinkan hubungan yang mengalir dengan orang lain. Hal ini sangat sesuai dengan kondisi orang yang pernah mengalami masalah kesehatan.

Related Story

Other Article

Manfaat Olahraga Bersama Sepulang Kerja Jumat, 08 Desember 2017

Manfaat Olahraga Bersama Sepulang Kerja