Sakit Sendi di Usia Menjelang 40 Tahun, Wajar atau Tidak, Ya?

Tuesday, 30 August 2022

Keluhan sakit sendi, terutama di bagian lutut merupakan hal yang sering dialami oleh orang-orang di usia menjelang 40 tahun. Sebab, di usia inilah seseorang akan mengalami penurunan fungsi tubuh, di mana kepadatan dan kekuatan tulang juga ikut menurun. Tak hanya itu saja, keluhan sakit sendi juga bisa diperparah oleh kenaikan berat badan yang lebih cepat akibat metabolisme tubuh yang semakin melambat seiring dengan bertambahnya usia.

Gejala sakit sendi yang dirasakan menjelang usia 40 tahun

Gejala sakit sendi umumnya akan sangat bervariasi tergantung dari penyebabnya. Simak karakteristiknya seperti dilansir dari Halodoc.com berikut ini.

  • Rasa nyerinya terasa sampai ke dalam sendi
  • Umumnya terasa di bagian lutut dan kaki
  • Keluhan nyeri membaik dengan istirahat
  • Sakit sendi tidak muncul di pagi hari, tetapi akan semakin memburuk sepanjang hari
  • Rasa nyerinya bisa menyebar hingga ke bagian paha
  • Rasa nyeri biasanya muncul saat berdiri dari posisi duduk atau saat naik turun tangga
  • Rasa nyeri semakin terasa saat cuaca atau udara dingin

Cara mengatasi sakit sendi

Dilansir dari laman Viva.co.id, usia 40 tahun juga menjadi alarm atau pengingat bagi kita untuk menjaga pola hidup agar lebih sehat, yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Mengatur pola makan

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit sendi agar tidak semakin parah adalah dengan menjaga pola makan, misalnya dengan mengurangi porsi makan, mengurangi konsumsi jeroan, mengurangi makanan berminyak seperti gorengan, makanan laut, dan juga minuman beralkohol. Selain bisa membantu mengurangi berat badan, hal ini juga bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan asam urat yang merupakan penyebab munculnya sakit sendi pada seseorang.

  • Olahraga teratur

Mulailah untuk berolahraga secara teratur. Namun, pastikan untuk memilih jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan dan loncatan yang melibatkan persendian, seperti lari. Sebaliknya, jenis olahraga yang direkomendasikan adalah berenang, jalan santai, yoga, dan pilates. Selain bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, olahraga juga sangat ampuh untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

  • Minum suplemen tambahan

Saat sakit sendi datang secara tiba-tiba, segera istirahatkan bagian yang terasa nyeri dan memberikan pijatan ringan secara berulang. Anda juga bisa mengonsumsi rutin suplemen sendi tambahan seperti hemaviton JointCare MAX dengan kandungan lengkap Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Glucosamine, Chondroitin dan MSM di dalamnya mampu membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian sehingga Anda bisa kembali melakukan aktivitas dengan lebih nyaman.

Artikel Lainnya: hemaviton C 1000 Total Care, Buat Tubuh Tetap Fit Meski Deadline Menghimpit