Mengapa Orang dengan Kelebihan Berat Badan Rentan Mengalami Neuropati Perifer?

Wednesday, 16 March 2022

Dilansir dari Halodoc.com, neuropati perifer adalah kerusakan pada saraf perifer yang seringkali menyebabkan gejala kebas & kesemutan yang biasanya terjadi pada bagian tangan dan kaki. Salah satu penyebabnya adalah berat badan berlebih atau obesitas yang dialami oleh seseorang. Hal ini bisa terjadi karena berat badan yang berlebih memberikan tekanan pada sistem saraf terutama bagian kaki yang membawa darah ke jantung dan sebalinya. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan saraf tidak mampu mendistribusikan darah yang kaya akan oksigen ke beberapa bagian tubuh, sehingga menimbulkan rasa nyeri bahkan hingga pembengkakan.

 

Penyebab Neuropati Perifer

Tak hanya kelebihan berat badan, gangguan neuropati perifer juga bisa terjadi karena beberapa faktor lain seperti berikut ini.

  • Kekurangan vitamin neurotropik, seperti vitamin B1 (tiamin) yang membantu menyediakan energi bagi sistem saraf, vitamin B6 (piridoksin) untuk mendukung perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf, dan sistem imun, dan vitamin B12 (kobalamin) yang dibutuhkan untuk produksi myelin yang berfungsi untuk melindungi serat saraf. Pada tubuh manusia, vitamin neurotropik merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh saraf agar dapat bekerja dengan maksimal. Berikut ini beberapa manfaat dari kandungan vitamin neurotropik dalam tubuh.
  • Penyakit diabetes yang juga rentan dialami oleh orang yang kelebihan berat badan.
  • Infeksi virus dan bakteri
  • Mengalami penyakit serius lainnya, seperti autoimun, tumor, dan kanker.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Neuropati Perifer?

Meski tergolong sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total, namun kita bisa mencegah agar kondisi kesehatan yang satu ini tidak berkembang menjadi semakin parah dengan beberapa cara berikut ini.

  • Mengonsultasikan kondisi kesehatan pada dokter.
  • Mengontrol berat badan dengan menerapkan pola makan dan juga olahraga rutin. Mengingat bahwa neuropati perifer dapat terjadi akibat kelebihan berat badan dan dipicu oleh penyakit diabetes, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hal berikut ini:
  1. Mengurangi konsumsi nasi
  2. Menghindari makanan dan minuman tinggi gula
  3. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  4. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap harinya sesuai dengan kemampuan tubuh
  5. Mencukupi kebutuhan istirahat dengan tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya dan menghindari begadang.
  • Mengonsumsi vitamin neurotropik seperti hemaviton Neuro Forte yang mengandung kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg di dalamnya. Kandungan inilah yang berperan dalam mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati yang ditunjukkan dengan gejala kesemutan, kebas, dan nyeri yang terjadi berulangkali.

 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum 1 kaplet hemaviton Neuro Forte sehari sesudah makan secara rutin setiap harinya, ya! Dapatkan hemaviton Neuro Forte di E-Commerce Tempo Store Official, dengan harga terjangkau Rp 25.000 untuk 10 kaplet. hemaviton Neuro Forte, Pilihan Cerdas Obati Kerusakan Sel Saraf!