Gaya Hidup ini dapat Bantu Jaga Kesehatan Sendi

Tuesday, 08 August 2023

Sendi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan merupakan titik-titik persimpangan antara dua atau lebih tulang di tubuh manusia. Melansir dari Healthline, sendi diartikan sebagai titik di mana dua tulang terhubung dengan tujuan untuk menggerakkan bagian tubuh. Saat kesehatan sendi terjaga dengan baik, maka semakin leluasa pula gerak tubuh yang kita miliki.

Pada dasarnya, kita dilahirkan dengan 270 tulang saat masih bayi. Beberapa dari tulang-tulang ini menyatu selama pertumbuhan. Orang dewasa memiliki sekitar 206 tulang yang dinamai, dengan 80 di kerangka aksial dan 126 di kerangka apendikular. Beberapa peranan sendi yang bisa Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

  1. Mobilitas, sebab sendi memungkinkan gerakan tubuh, mulai dari gerakan sederhana seperti melipat jari tangan hingga gerakan kompleks seperti berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tanpa adanya sendi, tubuh akan sangat kaku dan tidak dapat bergerak dengan leluasa.
  2. Dukungan berat badan, seperti sendi lutut dan pinggul. Perannya adalah untuk mendukung berat badan manusia saat berdiri, berjalan, atau berolahraga. Mereka menyerap tekanan yang dihasilkan oleh berat tubuh kita.
  3. Pertahanan tubuh. Beberapa sendi, seperti sendi bahu, memungkinkan gerakan yang diperlukan untuk melakukan tindakan pertahanan diri atau melarikan diri dari bahaya.
  4. Komunikasi sistem saraf, seperti sendi-sendi yang ada di sekitar tulang belakang. Perannya adalan untuk melindungi sistem saraf pusat dan memungkinkan pergerakan tulang belakang yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan fleksibilitas.
  5. Mengurangi guncangan dan getaran yang dihasilkan oleh aktivitas fisik seperti berjalan atau berlari. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada tulang dan jaringan.
  6. Mengatur panas tubuh. Beberapa sendi, seperti sendi di antara tulang tengkorak, berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah ke otak dan mengontrol suhu tubuh.
  7. Koordinasi motorik, sebab sendi bekerja sama dengan otot dan sistem saraf untuk menghasilkan gerakan yang terkoordinasi dan halus. Mereka memungkinkan kita untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti menulis, memegang benda, dan mengambil sesuatu dengan presisi.
  8. Kenyamanan dan kualitas hidup. Sendi yang sehat dan berfungsi dengan baik merupakan kunci untuk hidup tanpa rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang signifikan. Kesehatan sendi yang baik tentu dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Baca Juga: Benarkah Wanita Lebih Mudah Mengalami Nyeri Sendi?

Gaya hidup yang dapat bantu jaga kesehatan sendi

Mengingat bahwa kesehatan sendi sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas hidup kita, maka pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat yang dapat menunjang kehidupan kita sehari-hari dengan baik. Beberapa gaya hidup yang dapat memengaruhi kesehatan sendi manusia antara lain:

  1. Menjaga berat badan tetap seimbang, sebab berat badan yang berlebih dapat menambah beban pada sendi, terutama pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Sebaliknya, berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada sendi-sendi ini.
  2. Olahraga teratur untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan meningkatkan fleksibilitas. Aktivitas seperti berenang, bersepeda, dan berjalan kaki dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Namun pastikan untuk menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh dan tidak melakukannya secara berlebihan, ya.
  3. Pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang intens untuk membantu mencegah cedera sendi.
  4. Posisi duduk yang baik. Pastikan posisi tubuh sudah ergonomis saat duduk dan gunakan kursi yang nyaman, dilengkapi dukungan punggung yang baik. Hindari duduk dalam posisi yang merenggangkan atau membebani sendi.
  5. Istirahat yang cukup dan menerapkan pola makan yang sehat untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 dapat bermanfaat untuk kesehatan sendi.
  6. Hindari kebiasaan merokok dan alkohol berlebih karena dapat memperburuk peradangan dan merusak jaringan ikat dalam tubuh, termasuk sendi.
  7. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menjaga kelenturan sendi.
  8. Mengenali batasan tubuh, jangan memaksakan sendi melewati batasnya. Jika merasa nyeri atau tidak nyaman, beristirahatlah dan konsultasikan dengan profesional medis jika perlu.

Selain beberapa hal di atas, gaya hidup yang juga dapat meningkatkan kesehatan sendi adalah mengonsumsi suplemen tambahan secara rutin, seperti hemaviton JointCare MAX. Dilengkapi dengan IMPROVED Joint Support Formula dari kombinasi Glucosamine 500 mg & Condroitin 400 mg, hemaviton JointCare MAX cocok dikonsumsi untuk membantu pembentukan tulang rawan sendi.

Tak hanya itu, hemaviton JointCare MAX juga memiliki kandungan Methyl Sulfonyl Methane (MSM) 200 mg di dalamnya juga dapat membantu meredakan nyeri sendi akibat aktivitas yang cukup berat dan padat. Tersedia dalam kemasan blister isi 5 kaplet dan 10 kaplet, minum hemaviton JointCare MAX 1-3 kali sehari 1 kaplet agar sendi sehat, aktif bergerak.

Cintai sendimu mulai sekarang!

Artikel Lainnya: Amankah hemaviton C1000 TOTAL CARE Dikonsumsi oleh Wanita Hamil?