7 Barang Sederhana Ini Bisa Dijadikan Alat Bantu Olahraga di Rumah, Lho

Friday, 28 September 2018

Meski olahraga adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, namun masih banyak orang yang malas untuk melakukannya karena berbagai alasan, diantaranya adalah masalah waktu dan juga biaya. Padahal, sesungguhnya olahraga bisa dilakukan di mana saja bahkan secara gratis di rumah dengan memanfaatkan beberapa barang sederhana yang bisa dijadikan alat bantu olahraga berikut ini.

  • Kursi duduk

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, kamu juga bisa memanfaatkan kursi di rumah sebagai alat untuk melatih kekuatan otot perut dan juga tangan melalui gerakan push up dan crunch. Untuk push up, lakukan gerakannya dengan cara menumpukan badan pada kedua tangan yang diletakkan pada kursi hingga posisi badan membentuk sudut 45 derajat. Pastikan kalau kedua telapak tangan berada di tengah dudukan kursi, lakukan gerakan push up sebanyak 10-15 kali dalam 3X repetisi (pengulangan).

  • Botol air minum

Sekarang kamu pun tidak perlu mendaftarkan diri sebagai anggota di pusat kebugaran hanya untuk menikmati fasilitas seperti dumbbell (alat angkat beban), karena kamu bisa mengakalinya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan botol air mineral ukuran 1500ml (1,5L) yang diisi air atau semen. Dengan begini, kamu bisa latihan angkat beban di rumah setiap harinya.

  • Handuk kecil

Masih banyak orang yang ternyata belum tahu fungsi handuk kecil untuk berolahraga. Selain berguna untuk mengelap keringat, handuk juga bisa dijadikan sebagai alat untuk melatih otot punggung dan lengan. Gerakan yang bisa kamu lakukan adalah gerakan memeras, peregangan lengan, dan juga mengaitkan handuk secara melintang menggunakan kedua tangan yang dilakukan di belakang kepala dengan gerakan naik turun.

  • Tembok rumah

Salah satu gerakan yang wajib dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga adalah peregangan otot untuk menghindari cidera. Untuk gerakan ini kamu bisa memanfaatkan dinding atau tembok di rumah. Contohnya adalah untuk gerakan peregangan otot kaki. Gerakan lain yang bisa kamu lakukan menggunakan dinding ini adalah gerakan push up, namun dalam posisi berdiri. Tempelkan kedua telapak tangan pada dinding dana tur posisi tubuh hingga membentuk sudut 45 derajat dengan tembok. Lakukan push up sebanyak 30 kali dalam 3X repetisi dan selingi istirahat selama 30 detik setiap repetisinya.

  • Sofa

Kalau tadi kursi duduk untuk latihan push up, kamu juga bisa memanfaatkan sofa di rumah untuk latihan crunch. Gerakan ini memiliki posisi mirip dengan sit up, letakkan kedua kaki di atas dudukan kursi, tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat. Atau bisa juga dengan menahan beban tubuh dengan cara mengganjalkan kedua kaki di bawah sofa. Lipat kedua tangan di bawah kepala dan lakukan gerakan crunch (membawa tubuh ke atas seperti sit up) sebanyak 10-15 kali dalam 3X repetisi (pengulangan) untuk melatih kekuatan otot perut, dada, dan punggung.

  • Pinggiran tempat tidur

Kamu juga bisa memanfaatkan ranjang tempat tidur sebagai alat bantu olahraga di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan pinggiran tempat tidur sebagai tumpuan untuk melakukan beberapa gerakan seperti press up (gerakannya mirip push up, hanya saja dengan menjadikan pinggiran tempat tidur sebagai tumpuan tangan) dan shoulder press (posisi badan telungkup dengan kaki di atas tempat tidur dan kedua tangan menumpu di lantai).

  • Anak tangga

Hal sederhana lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat olahraga adalah anak tangga. Khusus Kamu yang memiliki rumah lebih dari satu lantai, lakukan gerakan naik turun tangga masing-masing 30 kali dengan 3X pengulangan dengan jeda istirahat selama 30 detik secara rutin setiap harinya. Gerakan seperti ini sangat membantu kamu untuk membakar kalori dalam tubuh dengan sederhana.

Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk bisa berolahraga tanpa harus mengeluarkan biaya, bukan? Dukung juga aktivitas olahraga kamu dengan minum hemaviton Jreng, minuman suplemen bervitamin dalam bentuk serbuk yang menyegarkan dan tersedia dalam 3 rasa, yaitu Original Mix Fruit Plus Madu, Anggur, dan Anggur Pasak Bumi. Aman diminum oleh pria maupun wanita, hemaviton Jreng siap menjaga stamina kamu saat berolahraga.